Kamis, 25/04/2024 08:52 WIB

Horee! Bonus SEA Games dan ASEAN Para Games 2017 Dicairkan

Anggaran dana yang dikeluarkan untuk bonus atlet pada kedua multievent ini mencapai Rp 70.588.000.000 untuk total 251 medali yang diperoleh dalam ASEAN Para Games 2017 dan 191 medali yang diperoleh dalam SEA Games 2017.

Wakil Presiden Jusuf Kalla didampingi Menpora Imam Nahrawi saat menyerahlan bonus kepada atlet SEA Gamea dan ASEAN Paragames 2017

Jakarta  - Hari ini bonus peraih medali SEA Games dan ASEAN Para Games 2017 dicairkan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga. Hal ini disampaikan langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga yang memastikan pencairan bonus ini, Jumat Siang (6/10).

“Pencairan bonus yang cepat ini adalah bentuk komitmen kami terhadap pemenuhan hak atlet berprestasi. Ketika semua prosedur berjalan lancar, administrasi tertib dan data yang dibutuhkan semua sudah masuk, maka semua proses bisa dilakukan dengan cepat,” jelas Menpora Imam Nahrawi.

Imam juga memastikan bonus yang diberikan kepada peraih medali dalam SEA Games dan ASEAN Para Games ini jumlahnya sama, baik kepada peraih emas, perak dan perunggu. “Ini adalah prinsip kesetaraan yang kita junjung tinggi, bahwa tidak ada perbedaan antara atlet normal dengan atlet dengan disabilitas, mereka telah sama-sama berjuang untuk meninggikan merah putih dan menggaungkan Indonesia Raya di kancah Internasional, itulah yang menjadi kebanggaan kita semua dan untuk itu apresiasi ini layak dan pantas mereka terima dengan sebaik-baiknya,” ujarnya lagi.

Keputusan Pencairan Bonus ini tertuang dalam Surat Keputusan Menteri Pemuda dan Olahraga No 79 tahun 2017 Tentang Pemberian Bentuk Penghargaan lainnya dalam Bentuk Bonus Berupa Uang bagi Olahragawan dan Pelatih Berprestasi Pada Penyelenggaraan ASEAN Para Games 2017 dan Surat Keputusan Menteri Pemuda dan Olahraga No.80 Tahun 2017 Tentang Pemberian Bentuk Penghargaan lainnya dalam Bentuk Bonus Berupa Uang bagi Olahragawan dan Pelatih Berprestasi Pada Penyelenggaraan SEA Games 2017

Pencairan bonus peraih medali secara simbolis diberikan kepada perwakilan atlet yang berada di Jakarta. Adapun peraih medali SEA Games 2017 yang menerimanya antara lain: Rifda Irfana Lutfie (Peraih Emas Cabang Senam), Pipit Camelia (Peraih Perak Cabang Pencak Silat), dan Febrianto Kadir (Peraih Perunggu Cabang Ski Air). Sementara untuk peraih medali ASEAN Para Games 2017 diberikan secara simbolis kepada David Jacob (Peraih Emas Tenis Meja), Komet Akbar (Peraih Perak Tenis Meja) dan Rohayati (Peraih Perunggu Cabang Boling). Kepada masing-masing peraih emas, diberikan bonus sebesar Rp 200 juta rupiah, peraih perak Rp 100 juta dan peraih perunggu Rp 60 juta.

“Pencairan bonus secara simbolis kami berikan kepada atlet yang berdomisili di Jakarta, agar tidak merepotkan bagi atlet yang kemarin baru saja kembali ke daerahnya masing-masing. Saya minta untuk semua atlet memeriksa rekening banknya siang dan sore ini, Insya Allah, bonusnya sudah cair,” sebut Imam sambil tersenyum.

Anggaran dana yang dikeluarkan untuk bonus atlet pada kedua multievent ini mencapai Rp 70.588.000.000 untuk total 251 medali yang diperoleh dalam ASEAN Para Games 2017 dan 191 medali yang diperoleh dalam SEA Games 2017.

“Saya minta kita tidak semata-mata menilai dari besaran berapa nilai bonus yang diterima, tapi lihatlah ini sebagai bentuk tambahan semangat untuk berprestasi lebih baik, terlebih kita akan menghadapi Asian Games dan Asian Para Games 2018 tahun depan dimana kita jadi tuan rumahnya,” tutup Imam.

Sejumlah atlet menyampaikan telah menerima bonus pada rekening bank masing-masing. Atlet ASEAN Para Games 2017, Banyu Trimulyo mengucapkan, “Alhamdulillah bonus sudah masuk di rekening saya, dari Medali Emas Tenis Meja-Beregu Putra Kategori TM 8 dan Perak Tenis Meja-Tunggal Putra Kategori SM8.” Sementara itu atlet lainnya, David Jacob, Peraih Emas Tenis Meja Tunggal Putra Kategori SM10 dan Emas Beregu Putra Kategori TM10 mengaku tidak menyangka bonus akan dicairkan secepat ini, ”Saya apresiasi langkah cepat yang dilakukan oleh pemerintah terkait pemberian bonus kali ini.  Puji Tuhan!” ucap David dengan senang.

KEYWORD :

Menpora Imam Nahrawi Bonua SEA Games 2017




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :