Rabu, 24/04/2024 21:47 WIB

Ramos: Kita Harus Pisahkan Olahraga dan Politik

urusan politik tentu akan berpengaruh pada para pemain yang sedang fokus membela negara di level internasional. 

Sergio Ramos

Jakarta - Kapten timnas Spanyol, Sergio Ramos menegaskan bahwa olahraga harus dipisahkan dengan urusan politik menyusul ketegangan terjadi pasca referendum kemerdekaan Catalunya. Menurutnya, urusan politik tentu akan berpengaruh pada para pemain yang sedang fokus membela negara di level internasional. 

"Ini bukan minggu yang mudah bagi mereka (pemain Barcelona Spanyol) dan kami harus memisahkan olahraga dan politik," ungkap Ramos. 

Pemain bertahan Real Madrid juga mengungkapkan bahwa hubungan antara dirinya dan Gerard Pique baik-baik saja, tidak akan tegang oleh referendum kemerdekaan Catalan baru-baru ini.

Meski Pique secara konsisten mendukung orang-orang Catalonia namun Ramos tidak percaya bahwa harus ada masalah antara dia dan bek Barcelona dan dia berharap agar fans Spanyol menciptakan suasana yang baik pada hari Jumat.

"Kami memiliki hubungan yang sangat baik meskipun kami berpikir secara berbeda mengenai berbagai hal," ujar bek 31 tahun sebagaimana dilansir Marca. 

Mantan pemain Sevilla berharap dapat bermain bola tanpa adanya "embel-embel" (Red) politik yang coba dihubungkan dengan urusan olahraga. Pasalnya ia ingin tinggal di negara bebas dan demokratis.

"Saya tidak tahu apa-apa tentang seseorang yang mendukung kemerdekaan Catalan berada di tim nasional dan saya berharap bisa tinggal di negara yang bebas dan demokratis, tapi saya tahu ini akan menjadi minggu yang sulit. Setiap orang memiliki kebebasan berekspresi, tapi kita harus memikirkan tim ini," katanya. 

 

KEYWORD :

Real Madrid Timnas Spanyol Sergio Ramos




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :