Selasa, 23/04/2024 15:56 WIB

Kurang Fit, Mentan Tetap Memotivasi Petani Tingkatkan Produksinya

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman di setiap kunjungan kerjanya terus memberikan motivasi dan memacu semangat masyarakat untuk meningkatkan produksinya

Menteri Pertanian Indonesia, Andi Amran Sulaiman (Foto: Mentan)

Bengkulu  -  Menteri Pertanian, Amran Sulaiman di setiap kunjungan kerjanya terus memberikan motivasi dan memacu semangat masyarakat untuk meningkatkan produksinya. Lebih dari itu, ia memberikan bantuan sarana dan prasarana pertanian berupa alat mesin pertanian hingga bibit agar produktivitas masyarakat meningkat.

Kondisi kesehatan yang kurang fit, Menteri Amran tetap melaksanakan kunjungan ke wilayah Kabupaten Bengkulu Selatan. Dengan menempuh perjalanan sekitar 4 jam dari pusat kota Bengkulu. Menteri kelahiran Sulawesi Selatan tersebut melaksanakan tanam perdana jagung di areal kurang lebih 1.300an hektare.

“Harusnya hari ini check up, tapi karena kami cinta masyarakat Bengkulu Selatan, kami harus datang,“ kata Menteri Amran di selah selah kunjungannya.

Amran juga memastikan, Indonesia memiliki potensi pertanian yang sangat luar biasa, dan mampu berdikari atas kebutuhan pangan dalam negeri. Hal itu, kata kata Amran sudah tunjukkan pada dunia, kita bisa makan tanpa impor.

“Dulu banyak yang ragu, Pak Menteri tidak mungkin tak impor jagung seperti dari Argentina, dan Amerika. Namun, kami berjanji pada masyarakat Indonesia, saya katakan saatnya tutup impor,  Alhamdulillah hari ini jadi kenyataan, kami yakin tahun ini juga kita tidak impor jagung,“ sambungnya dengan yakin.

Ketika menyampaikan arahannya kepada masyarakat Bengkulu Selatan, Amran juga memberikan tambahan barbagai bantuan berupa pompa air 10, dan bahkan akan menambah lagi tahun ini jika produksin masyarat Bengkulu meningkat

“Apa butuh pompa? apa ada air yang bisa dipompa (untuk pertanian)? sungai besar ada?,“ tanya Amran sebelum memberikan bantuannya.

“Berikan pompa dulu 10, semua dipasang, kalau bisa dipasang tambah lagi 10, tahun ini, bukan tahun depan, mulai besok pengiriman ke Bengkulu Selatan,“ tambahnya.

Selain memberikan pompa, ada bantuan benih jagung setara untuk 20 ribu hektare. Amran menjanjikan jika Bengkulu Selatan berhasil menanam sejumlah tersebut di tahun ini, maka untuk tahun depan bantuannya akan ditambahkan menjadi 30 ribu hektare atau setara dengan 60 miliyar rupiah. Untuk hand traktor ditambahkan bantuan sebanyak 10 unit. Selain itu ada tabungan yang dibagikan langsung kepada 4 warga dari Himbara (Himpunan Bank Milik Negara) melalui Amran.

Dalam kegiatan tersebut yang dihelat di kabupaten Bengkulu Selatan juga dihadiri oleh Bupati Kaur Gusril Fauzi. Kehadiran Bupati tetangga Bengkulu Selatan ini mendapat apresiasi langsung dari Menteri Amran. Amran langsung memberikan bantuan kepada Kabupaten Kaur bibit jagung sejumlah 5 ribu hektare dan 5 unit hand traktor.

Pemberian berbagai bantuan dari pemerintah yang menunjang sektor pertanian diharapkan mampu mendongkrak dan memacu produktivitas para petani. Dengan begitu, kemampuan masyarakat Indonesia akan mandiri pangan segera terwujud.

KEYWORD :

Kementerian Pertanian Amran Sulaiman Jagung




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :