Sabtu, 20/04/2024 16:42 WIB

Wow, Ada 91 Gunung Berapi di Balik Es Kutub Selatan

Di balik tebalnya es dan lembutnya salju di kutub selatan (Antartika, Red), ternyata menyimpan sebuah tenaga vulkanik yang besar.

Puncak gunung api dari balik lapisan es Antartika

Jakarta – Di balik tebalnya es dan lembutnya salju di kutub selatan (Antartika, Red), ternyata menyimpan sebuah tenaga vulkanik yang besar. Baru-baru ini sekelompok ilmuwan menemukan 91 gunung berapa aktif yang tersembunyi di balik lapisan es Antartika.

Dikutip dari Sky, dari 91 gunung berapi, 47 di antaranya sudah diketahui karena puncaknya menyembul dari balik lapisan es. Gunung-gunung berapi tersebut diperkirakan memiliki ketinggian yang bervariasi, mulai dari 100 meter hingga 3.850 meter.

Ahli geologi mengatakan bentuk gunung api Antartika memiliki kemiripan dengan pegunungan vulkanik di Afrika Timur, yang dianggap memiliki jumlah gunung api terpadat di dunia. Jika aktivitas vulkanik terjadi, maka es di kutub selatan kemungkinan akan mencair.

“Jika es menipis saat iklim semakin menghangat, diperkirakan aktivitas vulkanik di daerah tersebut bisa meningkat,” tulis Sky, Senin (14/8).

“Pemahaman kita terhadap aktivitas gunung berapi dapat menjelaskan dampaknya terhadap es Antartika di masa lalu, sekarang, dan masa depan, serta mengetahui sistem keretakan es di seluruh dunia,” kata peneliti asal University of Edinburgh Dr. Robert Bingham.

KEYWORD :

Unik Gunung Api Antartika Sains




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :