Rabu, 24/04/2024 01:40 WIB

Kerjasama Sucofindo - Timor Leste Terus Diperluas

Sucofindo  telah bekerjasama  sejak 2008 dengan Kementerian Perdagangan, Industri, dan Lingkungan Hidup (MCIA) dan Kementerian Pariwisata, Komesial Dan Industri (MTCI) Timor Leste.

Direktur Komersial II Sucofindo, Sufrin Hannan (kiri) dan pihak Timor Leste

Jakarta - Sebagai perusahaan jasa yang telah berkiprah secara internasional, Sucofindo  memperluas kerjasama dengan Pemerintah Timor Leste,  khususnya dalam jasa pemastian. Lembaga Pengawasan Ekonomi, Sanitasi Dan Bahan Pangan (AIFAESA, I.P) Timor Leste memberika kepercayaan untuk melakukan pengawasan kebijakan keamanan pangan terkait perdagangan dan membantu peningkatan kapasitas kelembagaan dan aparaturnya.

Sebelumnya, Sucofindo  telah bekerjasama  sejak 2008 dengan Kementerian Perdagangan, Industri, dan Lingkungan Hidup (MCIA) dan Kementerian Pariwisata, Komesial Dan Industri (MTCI) Timor Leste.

Direktur Komersial II Sucofindo,  Sufrin Hannan mengatakan, kerjasama AIFAESA, I.P ini meliputi pengembangan sistem laboratorium (standar, kebijakan teknis pelaksanaan dan fasilitas uji termasuk sumber daya manusia) untuk mendukung kebijakan program perlindungan konsumen di Timor Leste.

"Selain itu Sucofindo  juga akan mendampingi dalam perumusan dan analisis kebijakan nasional khususnya untuk penyelenggaraan sistem perlindungan komoditi perdagangan berbasis pangan. Serta melakukan pendampingan pelaksanaan kebijakan tertentu khususnya dalam pemenuhan spesifikasi, ketentuan mutu dan keamanan pangan," ujarnya.

Tak hanya itu, Pemerintah Timor Leste juga mempercayakan Sucofindo melakukan pendampingan dan bimbingan teknis dalam rangka peningkatan kapasitas aparatur dalam mendukung operasional laboratorium sesuai dengan standar ISO 17025, Good Laboratory Practice (GLP), Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3), serta ISO 9001.

“Sebagai lembaga inspeksi, pengujian, dan sertifikasi yang telah beroperasi 60 tahun, kami siap mendukung impelentasi kebijakan pemerintah setempat dengan jasa pemastian.” ujar Sufrin. Selain berperan dalam pemastian keamanan pangan, SUCOFINDO juga akanmelakukan pengembangan sistem informasi yang kredibel dan transparan guna meningkatkan ‘Good Governance’ pemerintah Timor Leste," ujar Sufrin.

KEYWORD :

Sucofindo Kerja Sama Asing Timor Leste




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :