Sabtu, 20/04/2024 04:11 WIB

Pusdiklat Paskibraka 2017 Dimulai Besok

Diklat Paskibraka tingkat nasional ini akan diikuti 68 putra dan putri pelajar SLTA perwakilan dari 34 provinsi yang merupakan hasil seleksi ketat.

Juru Bicara Kemenpora Anindya Kusuma Putri (baju pink) saat jumpa pers di Media Center Kemenpora, Selasa (25/7) siang bersama Plt Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Jonni Mardizal.

 Jakarta -  Pemusatan Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional 2017 akan dimulai pada Rabu (26/7). Para peserta yang sudah mulai berdatangan itu merupakan pelajar perwakilan daerah yang dipersiapkan untuk pelaksanaan HUT ke-72 memperingati detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, 17 Agustus 2017 mendatang.

Diklat Paskibraka tingkat nasional ini akan diikuti 68 putra dan putri pelajar SLTA perwakilan dari 34 provinsi yang merupakan hasil seleksi ketat. "Berbeda dengan tahun sebelumnya setiap daerah mengirimkan empat calon paskibraka yang nantinya akan diseleksi oleh Kemenpora, tahun ini langsung dua perwakilan calon paskibraka masing-masing putra dan putri yang sepenuhnya telah diseleksi provinsi dan siap menjalani Pusdiklatnya di Jakarta," ujar Juru Bicara Kemenpora Anindya Kusuma Putri saat jumpa pers di Media Center Kemenpora, Selasa (25/7) siang, bersama Plt Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Jonni Mardizal dan Sekretaris Deputi Imam Gunawan.

 Saat ini perwakilan calon Paskibraka sebagian besar telah berada di Cibubur. Mereka akan mulai menjalani proses pelatihan mulai Rabu esok (26/7) hingga pelaksanaan detik-detik proklamasi 17 Agustus mendatang, beberapa materi yang disampaikan antara lain wawasan kebangsaan, etika, komunikasi efektif dan sebagainya," kata Jonni Mardizal. 

Kemenpora lanjutnya, akan melibatkan pihak Garnisum, Sekretariat Negara dan Paspampres pada pelaksanaan pusdiklat calon Paskibraka nantinya. "Nantinya akan ada gladi kotor, gladi bersih, renungan suci serta pengukuhan pada 15 Agustus 2017 mendatang usai gladi bersih, latihan ini dibagi menjadi dua yakni pengibar pagi (pengibar) dan sore (penurunan bendera)," tuturnya.

Usai menjalankan tugas menaikkan dan menurunkan bendera pusaka di Istana Negara nantinya para Paskibraka akan berkunjung ke beberapa instansi pemerintah dan swasta, dilanjutkan dengan Apel Kebangsaan. "Tujuan pelaksanaan Apel Kebangsaan ini adalah untuk meningkatkan nasionalisme dan cinta tanah air kepada seluruh peserta Paskibraka," jelasnya.

KEYWORD :

info pemuda dan olahraga paskibraka 2017




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :