Selasa, 16/04/2024 13:17 WIB

IDB Gelontorkan Rp279 Miliar untuk Pembangunan Gedung UNY

Harapannya, penambahan infrastruktur dapat menambah kapasitas layanan mahasiswa sebesar 15.000 mahasiswa

Ground Breaking pembangunan gedung UNY dikerjakan oleh PT Waskita Karya

Yogyakarta - Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan (Menristekdikti) Tinggi Mohamad Nasir meresmikan ground breaking pembangunan gedung Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sabtu (22/7). Pembangunan gedung ini merupakan salah satu roadshow realisasi skema 7 in 1 dari Islamic Development Bank (IDB), yang penandatanganan kesepakatannya disaksikan langsung oleh Menristekdikti pada 14 Juli yang lalu.

"Untuk 7 in 1 yang didanai IDB, dimulai dua hari yang lalu di Universitas Negeri Gorontalo, kemudian kemarin di Universitas Negeri Surabaya, dan pada hari yang berbahagia ini di Universitas Negeri Yogyakarta. Seremoni yang kita lakukan pada kesempatan ini merupakan salah satu wujud rasa syukur dan bahagia atas realisasi dari proses pembangunan tersebut," ujar Nasir.

Seperti diketahui, proyek 7 in 1 dilaksanakan di tujuh Perguruan Tinggi Negeri yaitu Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT), Universitas Tanjungpura (UNTAN), Universitas Lambung Mangkurat (ULM), serta Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH) yang juga ditanggung melalui dana SFD.

Harapannya, penambahan infrastruktur dapat menambah kapasitas layanan mahasiswa sebesar 15.000 mahasiswa, meningkatkan jumlah dosen bergelar doktor, penambahan kualitas penelitian dan publikasi ilmiah, serta menguatkan eksistensi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berdaya saing di tingkat lokal, nasional, maupun internasional.

“Yang tak kalah penting jaga dan pertahankan kearifan lokal juga dalam pembangunan gedung. Nanti saya juga akan tagih kepada UNY untuk peningkatan publikasinya, karena dengan adanya gedung nanti pasti proses riset juga akan lebih baik," kata Nasir.

Dari total bantuan Rp279 miliar, UNY memperoleh 13 gedung yaitu Laboratoriumn (Lab) Teknik Sipil dan Struktur, Lab. Mesin dan Otomotif, Lab. Elektronik dan Listrik, Gedung Pertunjukan di FBS, Pusat Pelatihan Bahasa, Lab. Ekonomi dan Bisnis Terpadu, Lab. Matematika dan IPA, Lab. IPS Terpadu, Lab. Pendidikan Usia Dini dan Sekolah Dasar, Gedung Kuliah Umum, Perpustakaan Digital, Pusat Kebugaran dan Olahraga, serta Lab. Olahraga Terpadu dengan total development area seluas 35.314,25 meter persegi.

KEYWORD :

UNY IDB Pendidikan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :