Sabtu, 20/04/2024 00:13 WIB

Jiwa Enterpreunersip Terus Ditanamkan di Kalangan Mahasiswa Sulbar

tantangan besar bagi pemerintah untuk giat menumbuhkan jiwa-jiwa usaha dalam diri seorang mahasiswa yang notabennya generasi penerus.

foto bersama HIPMI PT, pengusaha muda dan perwakilan Unsubar

Majene - Himpunan Pengusaha Muda Perguruan Tinggi (Hipmi PT) Sulawesi Barat terus menanamkan jiwa kewirausahaan di kalangan mahasiswa Sulbar. Muliadi, Ketua Hipmi PT Sulbar menilai kebanyakan mahasiswa saat tidak memiliki jiwa usaha dalam dirinya lantaran hanya terfokus cita-cita ingin menjadi karyawan atau bekerja pada lembaga tertentu.

"Mahasiswa saat ini tak memiliki jiwa untuk melakukan sebuah usaha, apalagi sampai membangun lapangan kerja sendiri. Mereka kebanyakan fokus kuliah, kemudian lulus dan mendapat pada sebuah lembaga tertentu," ungkap Muliadi dalam acara Expo 2017 Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar), Pameran Produk Kewirausahaan Mahasiswa dan Umum yang digelar di Gedung Assamalewuang, Majene Sulawesi Barat.

Pemuda asal Polewali Mandar tersebut menambahkan bahwa ini merupakan tantangan besar bagi pemerintah untuk giat menumbuhkan jiwa-jiwa usaha dalam diri seorang mahasiswa yang notabennya generasi penerus. Sehingga angka pengangguran tak lagi meningkat dengan adanya pengusaha-pengusaha muda baru yang muncul dari kalangan mahasiswa.

"Wirasaha juga merupakan salah satu solusi untuk mengurangi angka pengangguran di Sulawesi Barat karena tentunya dengan lahir pengusaha-pengusaha baru beriringan dengan adanya lapangan-lapangan kerja baru," ujar Alumnus Amik Tomakaka.

Senada dengan Muliadi, Akhsan Djalaluddin MS Rektor Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) mengharapkan agar pengusaha-pengusaha lahir di berbagai kampus, khususnya di Unsulbar. Menurutnya, sebagai seorang pemuda tentu mampu melakukan terobosan baru dalam dunia kewirausahaan, apalagi dengan usia yang sangat muda tentu jiwa kreatifitasnya juga tinggi.

"Kita mengharapkan mampu melakukan terobosan baru dengan mencetak pengusaha-pengusaha baru dengan terus menanamkan jiwa enterpreneurship di dalam diri para mahasiswa," kata Djalaluddin.

Rektor Unsulbar tersebut mengungkapkan, banyak produk-produk yang dapat dikembangkan di daerah Sulbar, mulai dari produk makanan dan minuman hingga produk hasil karya tangan anak daerah.

"Dengan mengoptimalkan sumber daya alam yang dimiliki Sulbar, kita tentu dapat mengembangkan produk-produk baru yang bisa dijadikan ciri khas daerah Sulbar, sehingga bisa dipasarkan secara nasional bahkan internasional," tutur rektor Unsulbar.

Rencananya Unsulbar akan mengagendakan pameran-pameran hasil produk tangan penduduk Sulawesi Barat setiap tahunnya untuk diperkenalkan dan dipasarkan di kancah nasional.   

KEYWORD :

Hipmi Sulawesi Barat Unsulbar Pengusaha




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :