Sabtu, 20/04/2024 21:08 WIB

Indra Bekti soal Kasus Anak Jokowi

Bagi pria yang akrab disapa Bekti itu, apa yang terlontar dalam video blog milik Kaesang bukanlah ujaran kebencian.

Indra Bekti (JN-Gusmun)

Kaesang Pangarep tengah menjadi sorotan publik. Putra presiden Joko Widodo itu belakangan dilaporkan oleh seorang pria bernama Muhammad Hidayat, atas ujaran kebencian atau hate speech dalam kanal YouTube dengan nama Kaesang. Kejadian ini pun mendapat tanggapan dari para artis.

Salah satunya adalah presenter kocak, Indra Bekti. Bagi pria yang akrab disapa Bekti itu, apa yang terlontar dalam video blog milik Kaesang bukanlah ujaran kebencian. Melainkan, hanya sebatas curahan hati dari Youtuber yang sering berkolaborasi dengan presiden itu.

"Aku lihatnya dia cuma curhat, nggak hate speech juga. Malah dia memperlihatkan kenapa anak sekarang kok seperti ini, anak di bawah umur diajak menghujat orang," ucap Indra Bekti saat dijumpai di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (7/7/2017).

Menurut bapak dengan 2 anak itu, setiap orang bebas mengutarakan perasaannya atau curhat. Bekti menilai, Kaesang tidak mengucapkan kata-kata yang mengandung ujaran kebencian. Justru di matanya, kata-kata `ndeso` yang dipermasalahkan dalam vlog berdurasi 2 menit 41 detik itu bukan sebuah hujatan.

"Nggak ada kata-kata itu. Ndeso-ndeso itu kan bukan ngatain orang, ndeso itu lebih (ditujukan) kepada orang yang merasa (tersindir). Kalau dia merasa ya berarti dia nggak bener, aku lihatnya gitu," ujar Bekti.

Bekti melanjutkan, "intinya ndeso itu untuk orang-orang yang kurang bener ngajakin orang misal kayak menghujat Ahok kemarin," tandasnya.

Mantan pembawa acara Ceriwis itu melihat vlog Kaesang yang dilaporkan, adalah kegiatan yang normal saja. Mengingat usia Kaesang yang masih 22 tahun. Tetapi, dirinya tidak menampik jika perkataan Kaesang itu seperti tidak bisa diterima dan menjadi polemik bagi orang dewasa.

"Ya harusnya kita sebagai orang dewasa melihat itu sebagai suatu keritikan untuk mengajak orang jangan gitu dong, ajak yang bener," tutup Indra Bekti.

Untuk diketahui, Kaesang mengunggah video pendek berjudul #BapakMintaProyek pada 27 Juni lalu. Dalam video itu, Kaesang berulang kali mengucapkan kata `ndeso` dan mengomentari fenomena keagaamaan yang sempat hangat diperbincangkan.

Berbekal video tersebut, Muhammad Hidayat melaporkan Kaesang ke Polres Bekasi pada Selasa (4/7/2017). Sontak masyarakat hingga public figure juga memberikan komentar yang beragam.

KEYWORD :

Indra bekti vlog kaesang pangarep ndeso




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :