Sabtu, 20/04/2024 12:55 WIB

Obama: Indonesia Sudah Besar

Mantan Presiden Amerika Serikan Barack Obama menilai Jakarta saat ini sangat berbeda jauh dibanding ketika masa kecilnya.

Barack Obama

Jakarta - Pertumbuhan perekonomian Indonesia khususnya Jakarta sudah sangat jauh berbeda jika dibandingkan pada tahun 1967. Pembangunan ibu kota Jakarta dinilai begitu melesat cepat.

Begitu yang dirasakan mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama, saat menyampaikan pidatonya dalam acara Kongres Diaspora Indonesia, Jakarta, Sabtu (1/7).

Kata Obama, Jakarta saat ini sangat berbeda jauh dibanding ketika masa kecilnya. Obama mengisahkan, dulu di Indonesia orang harus bertahan dengan upah beberapa rupiah saja per hari.

"Sekarang Jakarta jadi pusat ekonomi, banyak jalan layang. Sekarang Indonesia sudah besar," kisah Obama.

Obama kembali mengingat masa kecilnya di Jakarta, ketika mendarat pertama kali di Jakarta tahun 1967, bangunan yang tinggi itu hanya Hotel Indonesia, Sarinah, dan patung Hanoman (Pancoran).

"Tapi sekarang, patung Hanoman sudah dipacu jalan layang. Beda dari dulu," kata Obama yang disambut gelak tawa para hadirin.

Diketahui, Presiden Amerika ke-44 itu semasa kecil tinggal di jalan Taman Amir Hamzah No 22, Menteng, Jakarta Pusat. Obama tinggal di Menteng bersama ibunya Stanley Ann Dunham dan ayah tirinya, Lolo Soetoro. Obama kecil sempat mengenyam pendidikan di SDN 01 Menteng, Jakarta Pusat.

Obama dulu pernah tinggal di rumah tersebut saat berumur 6-10 tahun. Saat tinggal di rumah tersebut, Obama mengenyam pendidikan di Sekolah Dasar Negeri 01, Menteng, yang berjarak kurang-lebih 3 kilometer dari rumah tersebut.

KEYWORD :

Barack Obama Presiden Jokowi Istana Bogor




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :