Kamis, 25/04/2024 15:48 WIB

INTERNASIONAL

Nikki Haley: Iran Tak Langgar Kesepakatan Nuklir, tapi...

Membuat kesepakatan dengan Iran hanya menunda apa yang akan terjadi pada akhirnya

Duta Besar Amerika Serikat untuk PBB, Nikki Haley (Foto: Financial Tribune)

Jakarta - Duta Besar Amerika Serikat untuk PBB, Nikki Haley mengatakan dalam kesaksian di depan komite Dewan Perwakilan Rakyat AS pada Selasa (27/6) belum melihat adanya pelanggaran oleh Iran mengenai kesepakatan nuklirnya dengan kekuatan utama, yang dikenal sebagai Rencana Aksi Komprehensif Bersama.

"Dengan mengacu pada Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA), kami tidak menemukan adanya pelanggaran," kata Haley dikutip dari Financial Tribune pada Kamis (29/6)

Meski begitu, kata Haley, membuat kesepakatan dengan Iran hanya menunda apa yang akan terjadi pada akhirnya. Mereka (Iran) akan melanjutkan kemampuan nuklirnya, sementara kami hanya mendanai mereka untuk melakukannya, Sputnik melaporkan.

Kesepakatan 2015, yang ditandatangani oleh Iran dan enam negara lainya, AS, Rusia, China, Prancis dan Inggris ditambah Jerman memberikan sanksi kepada Iran dengan imbalan pembatasan kerja nuklirnya.

Pada Mei, administrasi Donald Trump, seorang kritikus vokal dari kesepakatan tersebut, memutuskan tetap berpegang pada kesepakatan tersebut dengan Iran oleh pendahulunya Barack Obama dan memperpanjang pengabaian sanksi tersebut.

KEYWORD :

Kesepakatan Nuklir Iran Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :