Rabu, 24/04/2024 01:30 WIB

Sekutu Arab Susun Daftar `Dosa` Qatar

Presiden Donald Trump mengisyaratkan simpatinya terhadap negara teluk yang menuduh Qatar menjadi negara yang memberikan dukungan terhadao teroris.

Presiden Amerika, Donald Trump (L) dan Putra Mahkota Mohamed bin Zayed Al Nahyan

Washington - Para kelompok negara yang memberikan sanksi terhadap Qatar di kawasan Teluk, saat ini sedang menyusun daftar tuntutan yang akan disampaikan ke negara kaya gas tersebut.

Penyusunan itu disampaikan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Rex Tillerson.
"Kami harap daftar tuntutan itu akan segera disampaikan ke Qatar serta masuk akal dan dapat ditindaklanjuti," kata Tillerson, dua pekan setelah Riyadh memberlakukan embargo terhadap Qatar.

Juru bicara Tillerson pada Selasa (20/6) menyatakan Amerika bingung dengan daftar tuntutan yang menuding Qatar mendukung terorisme.  Dan Amerika getol berkomunikasi dengan dalih untuk memecahkan kebuntuan sekutu saling berselisih.

Dan Presiden Donald Trump mengisyaratkan simpatinya terhadap negara teluk yang menuduh Qatar menjadi negara yang memberikan dukungan terhadao teroris.  "Kami paham daftar tuntutan disiapkan dan dikoordinasikan oleh Saudi, Uni Emirat Arab, Mesir, dan Bahrain," kata Tillerson dalam sebuah pernyataan.

Dilansir AFP, dirinya  siap mengambil peran mediasi jika kontak regional gagal, namun untuk saat ini dia mendukung upaya Kuwait mempertemukan kedua belah pihak.

KEYWORD :

Krisis Teluk Qatar Timur Tengah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :