Kamis, 25/04/2024 14:35 WIB

Pansus RUU Pemilu, Pemerintah dan DPR Lakukan Lobi

Pemerintah dan Pansus RUU Pemilu kembali melakukan lobi terkait beberapa isu krusial sebelum pengambilan keputusan RUU Pemilu.

Mendagri, Tjahjo Kumolo

Jakarta - Pemerintah dan Pansus RUU Pemilu kembali melakukan lobi terkait beberapa isu krusial sebelum pengambilan keputusan RUU Pemilu.

Mendagri Tjahjo Kumolo yang mewakili pemerintah mengatakan,  pembahasan Pansus RUU Pemilu tidak saja dilihat secara fisik. Namun, lobi antara pemerintah dan DPR juga bagian dari Pansus.

"Lobi juga bagian dari Pansus, ini juga lobi karena pak ketua dan teman-teman Pansus ini semangatnya kalau bisa musyawarah kenapa harus divoting," kata Tjahjo, di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (14/6).

Salah satu yang menjadi pokok pembahasan, kata Tjahjo, terkait pembagian 10 dari 15 kursi DPR yang telah disepakati. "Pembagian dapil belum clear, walaupun kami setuju menambah 10 kursi," jelasnya.

Kata Tjahjo, soal presidential threshold atau ambang batas pencalonan presiden dan wakil presiden hingga saat ini belum mengambil sikap. Sedangkan untuk parliamentary threshold, pemerintah sepakat di atas 3,5 persen.

KEYWORD :

RUU Pemilu Pemilu 2019 Presidential Threshold Pemerintah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :