Sabtu, 20/04/2024 08:35 WIB

INTERNASIONAL

Hoax, Larangan Peziarah Qatar Masuki Masjidil Haram

Berita yang beredar di media sosial yang mengatakan pelarangan peziarah Qatar memasuki Masjidil Haram adalah palsu, hoax.

Suasana Masjidil Haram di Mekah (Foto: Reuters)

Jakarta - Presiden Umum Masjidil Haram dan Masjid Nabawi menyebut berita terkait pelarangan peziarah Qatar adalah palsu alias hoax. Ia mengatakan penyediaan layanan dan prosedur fasilitas diperuntukkan bagi peziarah di seluruh dunia, termasuk peziarah Qatar.

Berita yang beredar di media sosial yang mengatakan pelarangan peziarah Qatar memasuki Masjidil Haram adalah palsu. Ia menegaskan, "bahwa justru sejak (4/6), pihak Kerajaan menerima 1.633 peziarah Qatar yang melakukan umrah," kata pernyataan tersebut.

Pernyataan tersebut dikeluarkan setelah adanya berita palsu yang signifikan di beberapa situs jejaring sosial bahwa keputusan Kerajaan untuk memutuskan hubungan dengan Doha mempengaruhi peziarah dari Qatar.

Qatar menjalankan ritual dan beribadah di Masjidil Haram dengan nyaman dan mendapatkan keuntungan dari semua layanan yang diberikan oleh pemerintah Saudi di dua masjid suci tersebut.

Presidensi meminta media memeriksa dan meminta pihak berwenang sebelum menerbitkan apapun. Dugaan item berita palsu dilaporkan oleh penyiar negara Qatar Al Jazeera, yang mengklaim bahwa pemerintah Saudi telah mencegah warga Qatar memasuki Masjidil Haram di Makkah.

KEYWORD :

Qatar Arab Saudi Kuwait Jamaah Haji




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :