Jum'at, 26/04/2024 02:43 WIB

Puasa Tingkatkan Kekebalan Tubuh Hingga Atasi Kecanduan

Puasa selama bulan Ramadhan, kata Dr Basmawati bisa membantu perokok atau seseorang yang kecanduan gula menghentikan kebiasaan - kebiasaan buruk

Buah-buahan (Foto: thestar)

Jakarta - Ahli diet Rumah Sakit Tuanku Jaafar Seremban, Dr Basmawati Baharom mengatakan puasa bukan hanya bentuk penghambaan, tapi juga secara medis membantu meningkatkan tingkat kekebalan tubuh, mengatasi kecanduan dan membantu menurunkan berat badan.

Puasa selama bulan Ramadhan, kata Dr Basmawati bisa membantu perokok atau seseorang yang kecanduan gula menghentikan kebiasaan - kebiasaan buruk.

"Puasa benar-benar menguntungkan seseorang. Orang yang sehat akan dapat menjaga kesehatan dan berat badannya sementara orang yang obesitas dapat mengatasi kebiasaan tidak sehatnya dan mengurangi berat badannya," jelas Dr Basmawati dilansir The Star pada Minggu (11/6)

"Bulan puasa bisa menjadi awal bagi orang untuk menghentikan kebiasaan adiktif (sesuatu yang bila dikonsumsi bisa mendatangkan kecanduan) mereka," tambanya

Baharom juga menekan agar terus menjaga keseimbangan dari sahur hingga buka puasa, sebab jika tidak, imbasnya sakit maag dan sakit perut.

"Saat berbuka puasa, seseorang harus memastikan tubuh tidak goyah, jadi mulailah `buka puasa` dengan sesuatu yang alami dan manis, seperti kurma dan buah-buahan, dan jadikan asupannya lambat dan mantap. Jangan mengambil makanan terburu-buru.

"Begitu Anda berbuka puasa dengan makanan ringan, ikuti doa Maghrib, celah ini akan memungkinkan perut Anda bersiap untuk mengkonsumsi makanan yang lebih komprehensif."

Bahkan saat itu, cobalah dan makan seimbang dengan banyak buah dan sayuran yang disiapkan dengan metode memasak. Mengonsumsi makanan dengan cepat akibat kelaparan Anda hanya akan mengganggu perut Anda," katanya.

Dr Basmawati mengatakan bahwa mereka yang memiliki masalah gastrointestinal seperti gastritis atau sakit maag sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mereka berpuasa.

"Jika Anda berencana untuk terus melakukannya, pastikan Anda memiliki Sahur yang tepat (makan sebelum matahari terbit) karena dapat membantu sistem tubuh untuk melanjutkan pasokan energi ke organ tubuh.

"Sarapan selalu penting, terlebih lagi saat seseorang memutuskan untuk berpuasa sepanjang hari," katanya.

 

KEYWORD :

Hikmah Ramadan Manfaat Puasa




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :