Kamis, 25/04/2024 05:48 WIB

Cak Imin Gagas Moratorium Ritel Modern

Cak Imin mengkritisi ritel modern menjual komoditas bahan pokok yang selama ini dijajakan pedagang pasar tradisional

Cak Imin saat sidak Pasar Agung Depok 2

Jakarta - Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar (cak Imin) mengatakan pentingnya proteksi semua pihak dalam mendukung keberlangsungan pasar tradisional. Ia berharap pemerintah memiliki proteksi demi melindungi pasar tradisional yang saat ini terancam dengan makin banyaknya ritel modern.

"Disisi yang lain, pasar tradisional ini harus kita lindungi karena terancam denga ritel modern yang sembarangan," ujar cak Imin wartawan selepas melakukan sidak di Pasar Agung Depok 2, jalan Proklamasi Raya 12, Sumajaya, Depok, Jawa Barat, Sabtu (10/6/2017). 

Yang menarik, para warga Pasar Agung Depok 2 seketika riuh saat cak Imin mengatakan akan meminta pemerintah untuk memoratorium ritel modern. Mereka bersorak setuju menunjukkan dukungan atas ide cak Imin tersebut.

"Ritel modern ini harus dimoratorium sementara, ditata zonasinya, (pemerintah) tidak asal sembarangan memberi ijin, terutama menghitung faktor zona penjualan dan pembelian," kata cak Imin yang diikuti sorak setuju dan tepuk tangan warga pasar.

Cak Imin menghimbau agar pemerintah berpihak kepada pasar tradisional. Menurutnya, pemerintah mesti memberikan kesempatan bagi pasar tradisional tumbuh dan berbenah.

Dengan demikian, lanjut cak Imin, pedagang dan konsumen terlindungi.

"Setelah pasar tradisional berbenah dari mekanisme dan fasiliitas yang memadai, maka nanti kita melihat antara pasar tradisional dan modern. Kita lihat zonasinya, kita tata wilayah dan scoop jarak antara satu ritel dengan pasar tradisional," ucapnya. 

Cak Imin menjelaskan salah satu indikator keberhasilan pasar tradional dapat ditinjau dari standar harga jualnya.

Dan harga tertingggi yang terjadi dipasar tradisional, masih bisa bersaing dengan pasar ritel modern. Ini yang kita jaga supaya menguntungkan para pembeli, membuat lapangan pekerjaan bagi para pedagang, dan produksi kita. Menjadi tersalurkan dengan baik," paparnya.

Cak Imin menyinggung adanya ancaman nyata dari ritel modern terhadap pasar tradisional. Ia mengkritisi ritel modern menjual komoditas bahan pokok yang selama ini dijajakan pedagang pasar tradisional.

"Yang paling parah hari ini, ritel modern ikut-ikut jual cabe, sayuran, ikut jual ini, itu nggak boleh," tandasnya.

KEYWORD :

Ketum PKB Muhaimin Iskandar Sidak Pasar




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :