Kamis, 25/04/2024 08:41 WIB

Gerakan Membumikan Pancasila Bersama Cak Imin

Petinggi PKB yang lebih akrab disapa Cak Imin ini memandang, Indonesia sebagai negara Pancasila adalah kesatuan ragam budaya dan jalan tengah antara agama negara dengan agama sekuler

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar

Jakarta - Pengurus pusat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni, hari ini, Rabu 31 Mei 2017, di Graha Gus Dur, Kantor DPP PKB, Jakarta. Peringatan Hari Lahir Pancasila yang dihadiri langsung Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar ini mengusung tema `Gerakan Membumikan Pancasila`.

Petinggi PKB yang lebih akrab disapa Cak Imin ini memandang, Indonesia sebagai negara Pancasila adalah kesatuan ragam budaya dan jalan tengah antara agama negara dengan agama sekuler. 

Bahkan menurutnya, Pancasila mirip dengan Piagam Madinah yang disepakati tahun 622 M, di masa kepemimpinan Nabi Muhammad SAW. Dalam hal ini, kemiripan yang dimaksud adalah butir-butir kesepakatan yang dihasilkan.

Piagam Madinah berisi kesepakatan beragam unsur agama dan suku guna menjaga stabilitas dan kemakmuran bersama. "Sama seperti Pancasila," demikian kata Cak Imin, seperti juga ia cuitkan dalam akun Twitternya, @cakiminpkb.

Lebih jauh mengupas soal Pancasila, pihaknya menghadirkan narasumber dari berbagai latar belakang seperti Garin Nugroho, Sandyawan Sumardi, Radhar Panca Dahana, dan Nia Dinata.

KEYWORD :

Ketum DPP PKB Muhaimin Iskandar Pancasila




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :