Jum'at, 26/04/2024 03:20 WIB

Kasus e-KTP, Dirjen Dukcapil Kemendagri Diperiksa KPK

Zudan akan diperiksa sebagai saksi kasus dugaan korupsi proyek e-KTP dengan tersangka Andi Agustinus alias Andi Narogong.

Tersangka proyek e-KTP, Andi Narogong

Jakarta - Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrulloh diagendakan diperiksa tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin (22/5/2017). Zudan akan diperiksa sebagai saksi kasus dugaan korupsi proyek e-KTP dengan tersangka Andi Agustinus alias Andi Narogong.

"Yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka AA (Andi Agustinus)," ucap Juru Bicara KPK Febri Diansyah.

Selain Zudan, penyidik KPK juga menjadwalkan pemeriksaan terhadap Sekretaris Jenderal DPR, Achmad Djuned;  Kassubag Sistem dan Prosedur Ditjen Dukcapil Kemendagri Endah Lestari; mantan pejabat di Badan Pertanahan Nasional Nurhadi Putra; Direktur PT Sisnet Mitra Sejahtera Adres Ginting; serta pihak swasta, Melyanawati dan Karmadjaya Karsono. Mereka juga bakal diperiksa sebagai saksi untuk Andi Narogong.

"Mereka juga diperiksa untuk tersangka AA," tutur Febri.

Andi Agustinus alias Andi Narogong merupakan tersangka ketiga dalam kasus dugaan korupsi proyek pengadaan e-KTP di Kementerian Dalam Negeri. Sebelumnya, KPK telah lebih dahulu menjerat Irman dan Sugiharto.

Andi diduga bersama-sama sejumlah pihak melakukan korupsi, hingga merugikan negara Rp2,3 triliun. Dalam surat dakwaan Irman dan Sugiharto, Andi Narogong disebut mengatur anggaran dan pemenangan proyek e-KTP.

Penyidik KPK sudah menggeledah sejumlah lokasi untuk mengumpulkan bukti keterlibat Andi Narogong. Penggeledahan di lakukan di dua rumah di kawasan Tebet, Jakarta Selatan dan di Cibubur, Jakarta Timur. Dari penggeledahan itu, penyidik KPK mengamankan sejumlah dokumen dan catatan keuangan terkait dengan Andi. Tak hanya itu, dua mobil mewah yakni Toyota Vellfire dan Range Rover juga ikut diamankan KPK. Disinyalir mobil itu ada kaitan dengan proyek e-KTP.

KEYWORD :

KPK e-KTP Andi Narogong




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :