Jum'at, 19/04/2024 03:16 WIB

Fahri Sebut Elite PKS Tersandera Kasus

Elite Partai Keadilan Sejahtera (PKS) disebut sedang tersandera sejumlah kasus.

Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah

Jakarta - Elite Partai Keadilan Sejahtera (PKS) disebut sedang tersandera sejumlah kasus. Hal itu dinilai menjadi alasan sikap fraksi PKS menolak hak angket Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Demikian disampaikan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah yang juga sebagai politikus PKS, melalui pesan singkatnya, Jakarta, Sabtu (20/5).

Menurutnya, sejak pergantian pimpinan PKS tahun 2015, maka nampak ada semacam sandera akibat banyaknya yang masuk dalam jajaran pimpinan teras sekarang yang memiliki persoalan hukum baik sebagai mantan menteri, pejabat Pemda maupun anggota DPR.

"Sikap fraksi PKS yang seolah menentang penggunaan angket dan mendukung KPK sebenarnya berada di bawah sandera jajaran pimpinan PKS yang memiliki persoalan hukum yang bahkan sedang dalam proses pemeriksaan dan temuan BPK," kata Fahri.

Hal itu menanggapi sikap Fraksi PKS yang menolak keputusan paripurna DPR terkait hak angket KPK saat dibacakan dalam paripurna DPR, Kamis (18/5).

Untuk itu, Fahri menyesalkan sikap Fraksi PKS yang berada di bawah tekanan sehingga mengabaikan fakta pentingnya evaluasi terhadap kinerja KPK setelah 15 tahun beroperasi melalui UU No. 30 tahun 2002.

"Tekanan pimpinan PKS juga mengisolasi anggota yang sejak awal bersama anggota lainnya mengkaji persoalan penegakan hukum yang kita tidak pasti dan bermasalah," tegasnya.

Padahal, lanjut Fahri, sejak peristiwa kriminalisasi kepada mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaq dalam kasus Import daging awal tahun 2013 yang lalu, sebetulnya kader dan pimpinan PKS telah memahami perlunya upaya evaluasi terhadap kinerja KPK sehingga lembaga itu bisa bekerja maksimal.

"Fraksi PKS di komisi 3 sesungguhnya sejak awal mengikuti dan memahami dinamika sidang yang menghendaki adanya usulan untuk menggunakan hak angket kepada KPK terkait pelaksanaan UU dan penggunaan anggaran," terangnya.

KEYWORD :

Hak Angket KPK Paripurna DPR Fahri Hamzah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :