Jum'at, 19/04/2024 22:41 WIB

Dua RS Diserang Hacker, BIN: Ini Peringatan Bagi Semua Pihak

BG mengungkapkan serangan pembobol jaringan informasi yang menimpa RS Darmaish dan RS Harapan Kita merupakan bentuk ancaman baru berupa proxy war dan cyber war

Kepala BiN Jenderal Pol Budi Gunawan/antara

Jakarta - Sekelompok Hacker menyerang dua Rumah Sakit di Indonesia, RS Darmaish dan RS Harapan Kita. Serangan tersebuut secara signifikan berpengaruh hingga melumpuhkan aktifitas rumah sakit.

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Pol Budi Gunawan (BG) menghimbau agar sleuruh instansi di dalam negeri meningkatkan kemampuan sistem pengamanan informasinya.

"Serangan ini menjadi peringatan (alert) bagi semua pihak terutama instansi publik yang strategis seperti rumah sakit yang menjadi korban serangan saat ini, untuk meningkatkan kemampuan sistem pengamanan informasi," ujar BG dalam keterangannya di Jakarta, Senin (16/5/2017).

BG mengungkapkan serangan pembobol jaringan informasi yang menimpa RS Darmaish dan RS Harapan Kita merupakan bentuk ancaman baru berupa proxy war dan cyber war. Ia menilai tindakan tersebut dilakukan secara sengaja oleh berbagai pihak untuk melemahkan suatu negara.

"Negara dan seluruh instansi terkait pengamanan informasi harus mulai merubah paradigma sistem pengamanan informasi, dari pengamanan informasi konvensional seperti Firewall dan Antivirus, menjadi ke arah sistem pengamanan terintegrasi yang memiliki kemampuan deteksi serangan secara dini (intelligence system) ke seluruh komponen sistem informasi yang digunakan," paparnya. 

BG meminta Koordinasi dan konsolidasi diantara instansi-instansi yang bergerak di bidang intelijen dan pengamanan informasi mutlak segera dilakukan. 

"Hal ini untuk mempercepat proses mitigasi jika terjadi serangan secara masif. Sehingga jika terjadi serangan cyber pada suatu instansi, maka dengan adanya konsolidasi, koordinasi dan pertukaran cyber intelligence, instansi lain yang belum terkena serangan dapat segera menentukan mitigasi dan tindakan preventif sebelum terjadi serangan," ucapnya.

KEYWORD :

KaBIN Budi Gunawan Serangan Hacker




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :