Jum'at, 19/04/2024 08:51 WIB

Hadapi Serangan Malware WannaCRY, Ini Imbauan Kominfo

Untuk keamanan para pengguna komputer di Indonesia, pada press conference yang digelar pada Minggu (14/05) Kementrian Komunikasi dan Informatika menegaskan pentingnya pemahaman akan pencegahan dari malware

Menteri Kominfo Rudiantoro

Jakarta - Untuk keamanan para pengguna komputer di Indonesia, pada press conference yang digelar pada Minggu (14/05) Kementrian Komunikasi dan Informatika menegaskan pentingnya pemahaman akan pencegahan dari malware Ransomware WannaCRY baik bagi, individu, perusahaan, kementerian, lembaga serta organisasi lain.

Berikut cara pencegahan yang dikeluarkan oleh pihak Kemenkominfo:

1. Sebelum hidupkan komputer atau server harap terlebih dahulu mematikan Hotspot/Wifi dan cabut koneksi kabel LAN/Internet.
2. Setelahnya, segera pindahkan data ke sistem operasi non Windows (linux, mac) atau lakukan back up data ke media storage yang terpisah dengan PC.
3. Lakukan update security ada Windows dengan instal Patch MS17-010 yang dirilis oleh Microsoft,  Link: https://technet.microsoft.com/en-us/library/security/ms17-010.aspx (pendownloadan sebaiknya dilakukan dengan mengambil file patch  menggunakan komputer biasa, bukan komputer utama yang berperan penting)
4. Update  antivirus, pastikan antivirus meliputi ANTI RANSOMWARE
5. Menonaktifkan fungsi SMB (server message block) dan jangan aktifkan fungsi macros
6. Block Ports: 139/445 & 3389

Menurut keterangan Kominfo, penularan malware ini tidak hanya melalui jaringan saja namun juga dapat melalui file attachment email dan link-link ke situs malware, "jadi jangan sembarangan klik link," tegas Menteri Kominfo Rudiantoro.

Untuk pertanyaan lebih lanjut Kominfo mempersilahkan berbagai pihak untuk berkonsultasi pada Indonesia Security Incident Response Accident (ID-SIRTII/CC)di nomor 021-3192-5551.

KEYWORD :

Ransomware WannaCRY Malware Kominfo Rudiantoro




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :