Kamis, 25/04/2024 21:27 WIB

INTERNASIONAL

Jelang Akhir Jabatan, Ini Pesan Presiden Hassan Rouhani

Presiden Hassan Rouhani mengatakan pertumbuhan ekonomi 8% yang dicapai menjelang akhir masa jabatan empat tahunnya perlu didukung oleh pemerintah berikutnya, jika ingin menghasilkan satu juta pekerjaan setiap tahunnya.

Presiden Hassan Rouhani

Jakarta - Presiden Hassan Rouhani mengatakan pertumbuhan ekonomi 8% yang dicapai menjelang akhir masa jabatan empat tahunnya perlu didukung oleh pemerintah berikutnya, jika ingin menghasilkan satu juta pekerjaan setiap tahunnya.

"Pertumbuhan ekonomi 8% yang dicapai pemerintah pada tahun terakhir Iran (berakhir pada 20 Maret 2017) merupakan prasyarat untuk menciptakan satu juta pekerjaan dalam setahun," kata Presiden melalui wawancara dengan kantor berita TV, Kamis, (11/5) dilansir Financial Tribune pada, Sabtu (13/5)

Rouhani yang kembali mencalonkan diri dalam pemilihan (19/5) menghadapi tantangan sengit dari saingan konservatifnya mengajukan kritik khusus atas kegagalannya secara signifikan dalam membasmi tingkat pengangguran.

Ebrahim Raeisi, penjaga tempat suci Imam Reza, dan Walikota Teheran Mohammad Baqer Qalibaf adalah kandidat konservatif yang mengklaim bahwa jika terpilih, mereka akan menciptakan 1 sampai 1,5 juta pekerjaan per tahun.

Keduanya adalah kritikus kebijakan ekonomi dan kampanye Rouhani yang kokoh di platform peningkatan lapangan kerja memberi selisih tunai secara manuver.

"Lebih dari 10% masyarakat kita sedang digerogoti kemiskinan dan menganggapnya sebagai tantangan untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka, sementara kita tinggal di negara kaya yang memiliki banyak sumber daya alam," kata Qalibaf awal bulan ini.

Ia mengatakan Rouhani belum dapat menghasilkan pekerjaan sebanyak yang dijanjikan selama kampanye pemilihannya pada 2013, memperingatkan terhadap rencana oleh pesaing konservatifnya untuk meningkatkan likuiditas dan menyoroti kebutuhan untuk fokus pada menciptakan iklim pro-bisnis.

Memompa lebih banyak dana ke pasar domestik adalah pilihan yang habis yang terbukti tidak efektif dalam tahun-tahun sebelumnya, kata presiden, menambahkan bahwa lingkungan bisnis harus ditingkatkan.

"Beberapa percaya pengangguran dapat ditangani hanya dengan mendistribusikan uang atau menciptakan banyak pekerjaan, sementara yang sebenarnya dibutuhkan adalah membuatnya memiliki masa depan, merasa tenang dan aman," katanya.

Kampanye 20 hari akan berlangsung hingga 24 jam sebelum pemungutan suara.Jika tidak satupun dari enam kandidat berhasil mengamankan lebih dari 50% pemungutan suara, pemenang terakhir akan ditentukan dalam sebuah limpasan seminggu kemudian.

KEYWORD :

Pemilihan Presiden Iran Rouhani




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :