Sabtu, 20/04/2024 11:59 WIB

INTERNASIONAL

Ribuan Perempuan Venezuela Tuntut Kemerdekaan

Di Karakas, para pengunjuk rasa menyanyikan lagi kebangsaan dan meneriakkan

Dua orang perempuan duduk di hadapan aparat keamanan Venezuela

Karakas - Aksi menentang Presiden Venezuela, Nicolas Maduro dilancarkan puluhan ribu wanita yang mengenakan baju putih. Aksi yang berlangsung di kota-kota besar itu, meneriakaan "kemerdekaan! Mereka menganggap Presiden diktator dan merusak ekonomi.

Aksi wanita ini menjadi perhatian banyak pihak. Para keamanan yang menghalangi demontrasi, diberikan bunga mawar. Penentangan di negara penghasil minyak Amerika Serikat ini, sudah berlangsung selama lima pekan.  

Di Karakas, para pengunjuk rasa menyanyikan lagi kebangsaan dan meneriakkan "Kami ingin pemilihan!". Aksi dihentikan di berbagai titik oleh polisi wanita dan tentara Pengawal Nasional yang berkendaraan mobil-mobil lapis baja.

Kubu oposisi, yang memiliki dukungan mayoritas di Venezuela setelah bertahun-tahun menjadi bayang-bayang Partai Sosialis yang sedang berkuasa. Tuntutannya dilangsungkan  pemilihan presiden 2018.

Juga menginginkan pemerintah membebaskan sejumlah pegiat yang ditahan, mengizinkan bantuan kemanusiaan dari luar negeri untuk meringankan krisis ekonomi yang parah, dan menghormati kemerdekaan lembaga legislatif.

KEYWORD :

Nicolas Maduro Venezuela




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :