Rabu, 24/04/2024 11:58 WIB

Setelah Cantrang, Cak Imin Minta Larangan Penangkapan Benih Lobster Dicabut

Ia pun meminta Menteri Susi untuk turun ke bawah dan berdialog langsung dengan para nelayan sehingga dapat merasakan dampak atas kebijakan yang dilaksanakan.

A Muhaimin Iskandar menutupi dirinya dengan jaring cantrang nelayan.

Sukabumi – Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar meminta Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mencabut larangan penangkapan benih lobster yang tertuang dalam Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 1/2015 hingga adanya solusi kepada nelayan. Seperti halnya aturan larangan penggunaan cantrang oleh nelayan yang kini ditunda, aturan larangan penangkapan benih lobster juga telah merugikan para nelayan.

"Kalau itu dilarang harus dilakukan persiapan dulu misalnya budi daya benih lobster secepatnya. Sebelum ada budi daya maka pelarangan meskinya jangan dilakukan dulu," kata Muhaimin yang mendapatkan sambutan ratusan nelayan yang berkumpul di acara syukuran nelayan Ujunggenteng, Sukabumi, Sabtu (6/5).

Ia pun meminta Menteri Susi untuk turun ke bawah dan berdialog langsung dengan para nelayan sehingga dapat merasakan dampak atas kebijakan yang dilaksanakan. PKB, lanjut Cak Imin, akan terus memperjuangkan para nelayan yang telah dirugikan oleh berbagai kebijakan yang diterbitkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Muhaimin juga akan menyampaikan berbagai aspirasi nelayan ke Presiden Joko Widodo. "Gini-gini saya juga teman Pak Jokowi, masak teman tidak didengarkan. Saya hanya minta Bu Susi bertemu dan berdialog dengan nelayan supaya tahu persis penderitaan yang dialami nelayan," katanya.

Ia menambahkan, prioritas dalam kebijakan seharusnya adalah menyejahterakan nelayan terlebih dahulu. "Tidak boleh ada pemiskinan di masyarakat nelayan, nelayan harus sejahtera, prioritas pertama menyejahterakan nelayan, baru berpikir yang lain," katanya.

Selain itu, ia juga meminta aparat tidak asal tangkap kepada para nelayan. Aparat diharapkan dapat memilahkan dan tidak mengkriminalisasi para nelayan. Sebaliknya, aparat harus memberikan pembinaan dan pemahaman kepada para nelayan. Cak Imin juga mengintruksikan Fraksi PKB di DPR untuk mengawal dan mendorong dialog antara Menteri Susi dan para nelayan. Ant

KEYWORD :

Larangan penangkapan lobster nelayan Muhaimin Iskandar




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :