Rabu, 24/04/2024 13:36 WIB

INTERNASIONAL

Rouhani Berjanji Prioritaskan Keadilan dan Hak Warga Negara

Calon Presiden Iran Hassan Rouhani berjanji akan menjadikan prioritas utamanya menciptakan keadilan sosial dan menegakkan hak warga negara, jika kembali terpilih menjadi presiden

Presiden Iran Hassan Rouhani (foto: Alaraby)

Jakarta - Calon Presiden Iran Hassan Rouhani berjanji akan menjadikan prioritas utamanya menciptakan keadilan sosial dan menegakkan hak warga negara, jika kembali terpilih menjadi presiden.

"Dalam masa jabatan saya saat ini dan jika negara mempercayai saya lagi di masa depan, perhatian utama saya selalu dan akan menjadikan hak bangsa di bawah konstitusi di mana orang menikmati berbagai hak kebebasan dalam ranah politik, sosial dan budaya yang harus Dihormati," kata Presiden saluran Jam-e-Jam TV  pada Rabu (3/5)

Pada kesempatan tersebut, Rouhani juga meluncurkan versi final dari Piagam Hak Warga Negara akhir tahun lalu untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang hak-hak mereka. Dokumen tersebut meminta badan-badan pemerintah memastikan pelaksanaan 120 artikelnya, yang dimaksudkan untuk memenuhi salah satu janji pemilihan Rouhani 2013 untuk mempromosikan dan membela hak-hak warga negara.

Dalam program TV, Rouhani mengulangi sumpah elektoral lainnya yang menjadikan keadilan sosial sebagai papan kebijakan reformasi ekonominya. "Perhatian utama saya yang kedua adalah penghidupan masyarakat, terutama mereka yang bergumul dengan kemiskinan dan banyak masalah lainnya. Kita harus berusaha mewujudkan keadilan sosial yang nyata dalam kehidupan masyarakat," katanya.

Rouhani telah mengakui belum dapat menghasilkan banyak pekerjaan seperti pada janji kampanyenya pada pemilihan presiden lalu. Ia kembali mengajukan namanya sebagai calon presiden yang dijadwalkan pada 19 Mei.

Penantang presiden Rouhani beberap kali menyerang dari sektor ekonomi. Menurut mereka terobosan-terobosan ekonomi Rouhani justru memperluas kesenjangan antara orang kaya dan orang miskin.

Di antara penentangnya adalah Walikota Teheran Mohammad Baqer Qalibaf, penjaga tempat suci Imam Reza (PBUH), Ebrahim Raeisi, dan mantan menteri kebudayaan Mostafa Mirsalim adalah kandidat konservatif dan Rouhani, Wakil Presiden Es`haq Jahangiri dan mantan menteri industri, Mostafa Hashemitaba, mewakili Kamp reformis dan moderat dalam pemilihan presiden.

KEYWORD :

Pemilihan Presiden Iran Rouhani




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :