Jum'at, 19/04/2024 18:43 WIB

Ini Dia Enam Kandidat Calon Presiden Iran

Dewan Wali Iran, mengumumkan enam  nama kandidat yang berhak mengikuti pemilihan presiden Iran pada 19 Mei mendatang

Enam kandidat Presiden Iran yang akan bertarung pada 19 Mei 2017

Teheran- Dewan Wali Iran, mengumumkan enam  nama kandidat yang berhak mengikuti pemilihan presiden Iran pada 19 Mei mendatang. Salah satu di antara kandidat tersebut adalah sang petahana, Hassan Rouhani,  Jumat (21/4).  

Menurut siaran pers Kementerian Dalam Negeri Iran, enam kandidat tersebu di antanya, Mostafa Aqa-Mirsalim, Es`haq Jahangiri, Hassan Rouhani, Ebrahim Raeisi, Mohammad-Baqer Qalibaf, dan Mostafa Hashemi-Taba adalah 6 kandidat yang telah disetujui untuk mencalonkan diri dalam pemilihan mendatang.

Kandidat yang berkualitas bisa memulai kampanye pemilihan mereka mulai sekarang sampai 18 Mei. Dewan Pelindung memulai proses penyaringan 1.636 calon yang terdaftar dalam pemilihan presiden 19 Mei pada Minggu. Pemilihan presiden ke -2 dan pemilihan City and Village Council ke-5 akan diselenggarakan secara nasional pada 19 Mei.

Rouhani, sampai saat ini masih menjadi pemimpin yang diidamkan oleh masyarak Iran, namun bukan berarti tidak menghadapi lawan-lawan yang tangguh, seperti ulama garis keras Ebrahim Raesi yang dekat dangan Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei. Mantan Presiden garis keras Mahmoud Ahmadinejad berusaha mencalonkan diri namun sayang didiskualifikasi.

KEYWORD :

Pilpres Iran Tehran Hassan Rouhani




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :