Sabtu, 20/04/2024 14:14 WIB

Rapat Komisi III dan KPK Ditunda, Ini Penyebabnya

RDP Komisi III DPR dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terpaksa ditunda.

Ketua KPK Agus Rahardjo

Jakarta - Rapat dengar pendapat (RDP) Komisi III DPR dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terpaksa ditunda. Alasannya, Ketua KPK Agus Rahardjo lebih memilih untuk menghadiri HUT Kopassus di Bandung.

Komisi III DPR enggan melanjutkan RDP meski dihadiri empat pimpinan KPK lainnya, yakni Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan, ‎Alexander Marwata, L‎aode Muhammad Syarif dan S‎aut Situmorang.

Wakil Ketua Komisi III DPR Benny K Harman selaku pemimpin rapat meminta pimpinan KPK menjaga dan menghormati tradisi yang berlaku di DPR.

"Perlu kami beritahukan, tradisi kita tidak melayani RDP yang tidak dihadiri pimpinan, oleh sebab itu menjaga tradiai menjaga budaya, rapat kita tunda menunggu pak ketua," kata Benny, di Ruang Rapat Komisi III DPR, Jakarta, Senin (17/4).

Dalam kesempatan itu, Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan meminta maaf atas ketidakhadiran Agus Rahardjo. Ada pun alasannya, menurutnya, Agus sedang menghadiri undangan HUT Kopassus.

"Karena yang bersangkutan (Agus Rahardjo) ada acara undangan ulang tahun Kopassus di Bandung, Situ Lembang," kata Basaria.

Namun, Benny tetap menginginkan rapat itu diundur hingga dihadiri lengkap oleh semua pimpinan KPK. Tujuannya, untuk menjaga tradisi bahwa selama ini rapat Komisi III dengan KPK dihadiri lengkap para pemimpin.

Sementara itu, Wakil Ketua KPK Laode Muhammad Syarif mengusulkan agar rapat itu ditunda hingga beberapa hari ke depan. Sebab, belum dapat dipastikan Agus bakal hadir hari ini. "Kalau hari ini kayaknya untuk diharapkan agak kurang bisa," kata Laode.

Namun, Benny K Harman selaku pimpinan rapat dan seluruh Komisi III DPR sepat rapat diskrors hingga malam nanti, pukul 19.30. "Rapat kita skors sampai pukul 19.30 WIB," pungkas Benny menutup rapat.

KEYWORD :

RDP Komisi III dan KPK Ditunda




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :