Sabtu, 20/04/2024 21:22 WIB

Internasional

Perang Dunia Ketiga Sudah Dimulai. Benarkah?

Ancaman Donald Trump atas nuklir Korut hanya mendapatkan tanggapan dingin. Ini disinyalir akan menciptakan babak baru di antara ketiga negara.

Serangan WTC, News York, 11 September 2001

Jakarta – Perseteruan Amerika Serikat (AS) dan Korea Utara, serta jalinan kerjasama AS dengan China telah menciptakan ketegangan (red, lingkaran setan) di Semenanjung China, hari ini (14/4). Ancaman Donald Trump atas nuklir Korut hanya mendapatkan tanggapan dingin. Ini disinyalir akan menciptakan babak baru di antara ketiga negara.

Bahkan, ketegangan disebut-sebut akan memicu meledaknya Perang Dunia Ketiga. Benarkah? Berikut artikel yang kami salin dan terjemahkan dari editorial Horn News yang terbit 13 April lalu.

Para ahli memperingatkan seluruh umat manusia bahwa Sabtu, 15 April nanti akan menjadi awal sebuah peristiwa tragis dan bersejarah. Ya, Perang Dunia Ketiga.

Kalimat ini bukan mengada-ada. Akhir pekan ini dunia berada di titik terdekat akan meletusnya perang global, sejak Krisis Misil Kuba pada 1962.

Sebanyak 200 jurnalis asing baru-baru ini mendapatkan undangan dari Kim Jong-un untuk meliput perayaan “Day of the Sun” di Korea Utara, Sabtu esok, yang disebut-sebut akan jadi perayaan besar dan penting.

Menurut harian New York Times, agenda besar ini diduga akan menjadi ajang untuk peluncuran percobaan nuklir di negara tersebut. Dikhawatirkan rencana itu akan memicu kemarahan AS dan China untuk mendeklarasikan perang terhadap Korut.

“Tindakan semacam itu bisa memicu respon militer AS,” kata reporter Newsmax, Theodore Bunker.

Ketegangan makin menguat setelah AS juga mengirimkan Carrier Strike Group One dan kapal induk USS Carl Vinson dari Singapura, berlayar ke Laut Korea. CNBC menyebut situasi ini ‘bagian skenario mimpi buruk militer yang berlangsung di Laut China Timur’. Inilah yang menurut para ahli akan menyebabkan gesekan jika 15 April esok, pemerintah Korut benar-benar melakukan uji nuklir.

“Selasa lalu Trump telah berjanji akan memperingatkan Korea Utara dengan atau pun tidak adanya bantuan dari China,” tulis Fox News.

Situasi di Pyongyang pun semakin tegang. Rabu 12 April malam, pemerintah Korut sudah mulai mengevakuasi warga sipil dari ibu kota. Lebih dari 25 persen penduduk sipil telah dipindahkan ke luar kota.

Bahkan, Google juga hari ini merilis bahwa pencarian “Perang Dunia Ketiga” di mesin pencarian baru-baru ini mencapai titik tertinggi dari tahun-tahun sebelumnya. Semoga ketegangan ini berakhir.

KEYWORD :

Perang Dunia Amerika Korut China




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :