Jum'at, 26/04/2024 03:26 WIB

Over Kapasitas, Narapidana Harus Tidur Berdiri

Sangat mengerikan dan mengharukan, begitu kira-kira yang pantas diucapkan bagi setiap narapidana yang masuk rumah tahanan (Rutan).

Ilustrasi Penjara

Jakarta - Sangat mengerikan dan mengharukan, begitu kira-kira yang pantas diucapkan bagi setiap narapidana yang masuk rumah tahanan (Rutan). Bagaimana tidak, Rutan dengan ukuran 2x3 harus diisi sebanyak 47 warga binaan.

Cukup mengenaskan, sebanyak 47 warga binaan dipaksa berdesakan menempati Rutan dengan ukuran yang cukup kecil. Mereka terpaksa harus tidur dengan cara berdiri setiap harinya.

"Kami sudah perkirakan saat kunker di Jambi, bagaimana mungkin isi rumah tahanan itu 2x3 diisi oleh 47 warga binaan di sana. Saya tanyakan bagaimana cara tidur, mereka mengatakan tidur sambil berdiri," kata Anggota Komisi III DPR Junimart Girsang, saat rapat kerja dengan Menkumham, di Gedung DPR, Jakarta, Senin (10/4).

Over kapasitas Rutan itu juga kerap menjadi pemicu maraknya insiden kericuhan sesama narapidana dan petugas. Alasannya, narapidana tersebut tidak diperlakukan secara manusiawi.

"Pertama tadi Pak Herman Heri mengatakan sangat mengerikan, saya menambah satu dan mengharukan dan tidak heran kalau insiden di Jambi kemarin meledak meletup begitu," terangnya.

Kata Junimart, tidak heran penambahan narapidana yang signifikan dari 2002. Karena memang tidak ada koordinasi dan komunikasi antar lembaga. Ia mencontohkan, perkara narkoba dibawah 0,2 gram tetap masuk buih.

Artinya, kata Junimart, mestinya Kemenkumham bangun koordinasi dengan lembaga terkait. "Hal ini sangat perlu, tidak boleh Kemenkumham diam saja menerima. Karena bola panas itu ada di Kemenkumham, kalau lapas terjadi insiden yang salah tentu Kemenkumham," terangnya.

Sebelumnya, Junimart menyarankan, agar Menkumham Yasonna Laoly sebaiknya mengajak Presiden Jokowi dan Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk melakukan kunjungan ke rumah tahanan.

"Tolong pak menteri mengimbau pak presiden dan menteri keuangan itu kunkerlah sekali-kali ke Lapas sana, biar mereka juga tahu dan lihat. Jadi jangan ke pasar dan mall saja," imbaunya.

KEYWORD :

Narapidana Tidur Berdiri Menkumham Rutan Over Kapasitas




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :