Sabtu, 20/04/2024 02:07 WIB

Gubernur Papua Raih Anugerah Kerukunan Umat Beragama

Dari penilaian kami, Papua mampu menjaga harmoni keberagamaan. Mereka juga mampu menempatkan agama pada posisi sesungguhnya.

Menag Lukman Hakim bersama penerima penghargaan kepala daerah berprestasi

Jakarta - Gubernur Papua Lukas Enembe meraih penghargaan Anugerah Kerukunan Umat Beragama dari Kementerian Agama (Kemenag), Minggu (26/2). Menurut Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, penganugerahan tersebut tidak lepas dari suksesnya Lukas Enembe menciptakan keberagamaan yang baik dan sejuk.

"Dari penilaian kami, Papua mampu menjaga harmoni keberagamaan. Mereka juga mampu menempatkan agama pada posisi sesungguhnya, yang mampu mengayomi keragamaan yang ada," kata Menag Lukman di sela-sela Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kemenag di Jakarta.

Selain baik dalam menjaga harmonisasi keberagamaan, Papua juga memenuhi kriteria umum yang telah ditetapkan oleh Kemenag, antara lain Survey Indeks Kerukunan Umat Beragama, program dan kebijakan terkait kerukunan umat beragam, kegiatan kerukunan umat beragama, serta aspek dukungan APBD yang dialokasikan untuk penguatan kerukunan baik di tingkat provinsi maupun kota.

Selain Gubernur Papua, tercakatoeua gubernur asal Kalimantan Tengah dan Kepulauan Riau juga memperoleh anugerah yang dinamai Harmony Awards tersebut.

Sedangkan untuk kategori bupati atau walikota, sebanyak tujuh bupati turut meraih penghargaan itu. Yakni, Jayapura, Purwakarta, Tomohon, Tabanan, Banyuwangi, Sungai Penuh, dan Alor.

KEYWORD :

Menag Politisasi agama Lukman Hakim




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :