Selasa, 23/04/2024 14:11 WIB

Internasional

Iran Akhirnya Kirim Jamaah Haji Tahun Ini

Iran mengirim perwakilan ke Arab untuk membicarakan haji tahun ini. Menteri Kebudayaan Iran Reza Salehi mengungkapkan bahwa negaranya saat ini sedang dalam proses bernegosiasi dengan Saudi.

Bendera Nasional Iran (Foto: Reuters)

Teheran - Iran tampaknya tak ingin berlama-lama bersitegang dengan Arab Saudi terkait polemik haji. Setelah melarang warganya untuk melaksanakan ibadah haji ke Mekkah, menyusul tragedi pada musim haji 2015 lalu, kini Iran mengirim perwakilan ke Arab untuk membicarakan haji tahun ini.

Menteri Kebudayaan Iran Reza Salehi mengungkapkan bahwa negaranya saat ini sedang dalam proses bernegosiasi dengan Saudi untuk kembali memberangkatkan calon jamaah haji asal Iran dalam ritual tahunan tersebut.

“Jika mereka menerima kondisi kami, maka pemerintah pasti akan mengirimkan jamaah tahun ini. Dan tanggung jawab berada di tangan mereka,” kata Reza Salehi dikutip dari Al Araby.

Sebelumnya Iran memprotes keras tragedi Mina pada 2015 lalu, yang menewaskan 464 warga Iran dari total 2.300 korban jiwa. Iran menuntut tanggung jawab dari pemerintah Saudi atas tragedi bencana terburuk di tanah suci tersebut.

Hubungan kedua negara juga semakin memanas dalam menyikapi konflik di Suriah dan Yaman. Iran bersama Rusia turut membantu pemerintah sah Bashar al Asad di Suriah, sedangkan Saudi kerap menyuplai persenjataan bagi tentara pemberontak.

KEYWORD :

Iran Haji Saudi Arab Timur Tengah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :