Rabu, 24/04/2024 10:42 WIB

Uniknya Kuda Menari di Tanah Mandar

Orang-orang akan memenuhi jalanan yang menghubungkan Kabupaten Polewali dengan Kabupaten Majene, tempat kegiatan itu dilaksanakan.

Tammatan massal

Polewali Mandar – Kalau kita melihat seseorang menari, mungkin itu sudah biasa. Tapi apa jadinya jika yang menari itu adalah hewan yang dikenal galak, kuat dan berbahaya. Di Sulawesi Barat, tepatnya di daerah kampong Tallo diadakan acara khataman Al-Qur’an Massal pada minggu (19/02), yang diisi dengan kemeriahan aksi ratusan kuda menari, yang dalam Bahasa Mandar disebut Sayyang Pattu’du.

Dalam aksi tersebut kita akan disuguhi penampilan kuda menari dengan gaya menganggukkan kepalanya dan sesekali mengangkat kakinya secara bergantian, diiringi dengan musik khas Mandar menggunakan rebana, yang disebut Parrawana. Hewan pemakan rumput itu terlihat sangat menikmati alunan irama rebana tersebut.

Bukan cuma itu, hal menarik lainnya yaitu seorang wanita cantik yang menunggangi kuda tersebut. Dengan bantuan beberapa orang berada di samping kuda sebagai penjaga, wanita cantik itu tampak dengan tenang berada di pundak kuda itu, sembari mengepak-ngepakkan kipas kecil yang berada di tanggannya, menambah pesona wanita itu juga ditambahkan dengan gaun khas Sulawesi Barat semakin menambahkan kecantikan perempuan-Newaine dalam bahasa mandar.

Kegiatan unik tersebut menjadi perhatian banyak orang, khususnya masyarakat Sulawesi Barat, sehingga tak ingin melewatkan acara tahunan tersebut. Orang-orang akan memenuhi jalanan yang menghubungkan Kabupaten Polewali dengan Kabupaten Majene, tempat kegiatan itu dilaksanakan. Tak mau ketinggalan para pejabat daerah juga ikut andil dalam acara tersebut, seperti Bupati Polewali Mandar, Andi Ibrahim Masdar yang meresmikan acara itu.

Kegiatan seperti ini menjadi agenda tahunan di Sulawesi Barat, yang merupakan tradisi, sekaligus sebagai acara peringatan kelahiran Nabi Muhammad Saw atau dalam bahasa daerah mandar disebut Mammunu’. Dan biasanya seluruh daerah di Sul-Bar akan menyelenggarakan acara itu, khususnya di daerah Pambusuang dan Balanipa.[]

KEYWORD :

kuda menari polewali mandar tammatan massal




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :