Kamis, 25/04/2024 10:57 WIB

Arsip Kemenpora Harus Dikelola Lebih Baik

Tradisi baru upacara bendera yang sudah berjalan dua kali sangat positif

Logo Kemenpora

Jakarta - Plt. Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Faisal Abdullah pada upacara rutin tanggal 17  meminta agar pengelolaan arsip di Kemenpora ke depan harus lebih dilengkapi dan dijalankan dengan baik. Hal itu disampaikan Faisal kepada seluruh pegawai Kemenpora saat menjadi Pembina Upacara dan membacakan amanat Menpora, di Halaman Kementerian Pemuda dan Olahraga, Senayan, Jakarta, Jumat (17/2) pagi.

Menpora Imam Nahrawi menyampaikan terima kasih atas semangat kerja seluruh pegawai dan karyawan Kemenpora yang sesuai indikator daya serap untuk kegiatan pada tahun 2016 mencapai 97,20%. “Sungguh membanggakan, namun hal ini jangan menjadikan kita berpuas diri karena disisi lainnya kita dituntut untuk mengadministrasikan pembukuan dan laporan keuangannya dengan benar dan baik dalam penyajiannya sehingga semakin baik dari tahun-tahun sebelumnya,” kata Menpora dalam amant yang dibacakan Faisal Abdullah.

Pengelolaan arsip menjadi hal penting yang disampaikan pada amanat upacara kali ini. Sesuai UU Nomor 3 Tahun 2009 tentang Kearsipan, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melakukan kegiatan pemeriksaan/audit terhadap pengelolaan arsip seluruh instansi dan lembaga pemerintah pusat dan daerah, dan dari hasil audit serentak tahun 2016 Kemenpora mendapat hasil penilaian yang tidak memuaskan atau buruk. 

Karena itu, Menpora menginstruksikan kepada pengelola arsip Kemenpora yang ada dibawah koordinasi Biro Humas dan Hukum segera melengkapi beberapa aturan dan pedoman yang dipersyaratkan. untuk prasarana gedung arsip yang terstandar diharapkan Bagian Rumah Tangga segera melengkapi dan memperbaiki gedung arsip yang telah ada agar memenuhi standar yang baik. Untuk peningkatan tenaga arsiparis, Bagian SDM Aparatur segera menata kembali penempatan fungsional arsiparis yang ada.

Melengkapi amanat tersebut, Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda menambahkan bahwa tradisi baru upacara bendera yang sudah berjalan dua kali sangat positif sebagai sarana peningkatan kedisiplinan dan penyampaian informasi. "Upacara yang sudah berjalan dua kali, 17 Januari dan 17 Februari menurut saya positif dan sangat baik untuk meningkatkan kedisiplinan dan menyampaikan informasi program-program kerja, seperti sekarang ada penyampaian perihal kearsipan, arsip sangat penting sebagai bukti maka semuanya harus meningkatkan pengelolaan tentang kearsiapan," tambahnya.

KEYWORD :

Arsip Nasional Kemenpora




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :