Kamis, 25/04/2024 13:21 WIB

Siti Aishah Diduga Agen Rahasia Asing

Siti terakhir kali masuk ke Malaysia 16 November tahun lalu melalui Terminal Feri Antar bangsa Stulang Laut, Johor Bahru.

Kim Jong nam

Kuala Lumpur  - Dua perempuan yang ditangkap aparat Malaysia, diduga sebagai agen rahasia asing yang ditugaskan membunuh pria Korea Utara, Kim Jong-nam. Dia kakak tiri pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un yang dibunuh dengan menggunakan racun mematikan.

Dua perempuan diduga pembunuh itu adalah Siti Aishah yang berkewarganegaraan Indonesia dan satunya lagi berpaspor Vietnam bernama Doan Thi Huong. Dilansir media Malaysia, pelaku tidak akan mengungkap identitas agen rahasia tersebut, namun dikaitkan agen rahasia dari Korea Utara atau kiriman langsung dari pemimpin negara itu.

"Mereka mungkin telah dimanfaatkan untuk terlibat secara langsung dengan pembunuhan tersebut supaya identitas agen dinas rahasia itu tidak terungkapkan. Ini adalah taktik intelijen yang biasa disebut cut out," kata sumber itu di Kuala Lumpur, hari ini.

Sumber lainnya mengatakan Siti Aisyah diketahui masuk ke Malaysia secara tidak sah. Sumber itu menjelaskan, Siti Aisyah yang menjadi salah seorang tersangka utama pembunuhan, ditahan setelah kekasihnya, Muhammad Farid Jalaluddin (26), yang merupakan warga Malaysia ditangkap polisi di Ampang, Selangor.

Siti terakhir kali masuk ke Malaysia 16 November tahun lalu melalui Terminal Feri Antar bangsa Stulang Laut, Johor Bahru. Sedangkan  Thi Huong memasuki Malaysia pukul 12 tengah malam 4 Februari lalu.

"Wanita itu (Siti) kemudian terdaftar keluar dari negara bagian ini ke satu lokasi yang tidak diketahui dengan menggunakan pesawat maskapai murah 21 Januari lalu. Tidak ada catatan awal masuk wanita itu ke negara bagian ini selepas itu," kata sumber tadi dilansir Ant.

Kepala Kepolisian Malaysia Tan Sri Khalid Abu Bakar menyebutkan Siti Aisyah ditahan pukul 2 pagi tadi lokasi yang tidak diungkapan, sedangkan Muhammad Farid ditangkap tadi malam.

"Ketika ditahan, wanita itu sedang sendirian dan dari pemeriksaan awal didapati paspor miliknya dikeluarkan di daerah Serang, Indonesia. Teman lelakinya kini sedang ditanyai untuk mengetahui keterlibatannya dengan pembunuhan Jong-nam," kata sumber itu.

Dengan demikian sudah tiga orang tersangka utama pembunuhan tingkat tinggi itu yang ditangkap oleh pihak berwajib Malaysia, demikian Utusan Malaysia.

KEYWORD :

Agen Rahasia Kim Jong nam Korea Utara




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :