Jum'at, 19/04/2024 07:59 WIB

Internasional

Korut Bujuk Malaysia Hentikan Otopsi Kim Jong-nam

Pasca kematian Kim Jong-nam di bandara Malaysia, pejabat Korea Utara (Korut) diketahui mendesak Malaysia tidak melakukan proses otopsi.

Kim Jong-un (foto: CT)

Kuala Lumpur - Pasca kematian Kim Jong-nam di bandara Malaysia, pejabat Korea Utara (Korut) diketahui mendesak pemerintah Negeri Jiran, Rabu (15/2), untuk tidak melakukan proses otopsi terhadap saudara tiri pemimpin Korut Kim Jong-un tersebut.

Meski demikian, permintaan yang dilakukan pejabat asal Korut ditolak mentah-mentah oleh otoritas Malaysia, otopsi atas kematian yang diduga pembunuhan itu akan tetap dilanjutkan. Tubuh Kim Jong-nam hingga saat ini sudah dipindahkan dari rumah sakit untuk diproses.

Senin lalu, Kim Jong-nam diduga kuat diracuni oleh dua wanita asal Korut, saat Jong-nam berada di bandara Malaysia. Jong-nam yang dikabarkan hendak menuju Makau, tewas dalam perjalanan ke rumah sakit.

“Malaysia tidak akan bisa ditekan oleh siapapun. Kami akan melakukan semua prosedurnya,” kata otoritas keamanan Malaysia.

Kim Jong-nam selama ini lebih banyak menghabiskan waktunya di luar Korut. Anak Kim Jong Il ini menyuarakan oposisinya terhadap pemerintahan Kim Jong-un. Jika benar kematian Jong-nam merupakan perbuatan Jong-un, maka ini adalah kali kedua penguasa Korut tersebut membunuh keluarganya sendiri, setelah paman Kim Jong-un dieksekusi mati pada 2013 silam.

KEYWORD :

Korea Utara Pembunuhan Kim Jong Nam




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :