Rabu, 24/04/2024 15:11 WIB

Survei Populix: Fitur Live Streaming Shopee Live Paling Unggul

Sebanyak 69 persen responden mengatakan Shopee Live merupakan fitur live streaming yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Head of Research Populix, Indah Tanip memberikan keterangan pers terkait dengan Perkembangan Terkini dalam Perilaku Berbelanja di Masyarakat, Jakarta, Jumat (9/7).

JAKARTA, Jurnas.com - Shopee Live menjadi platform live streaming paling sering digunakan dan paling diingat konsumen dibandingkan TikTok Live, Tokopedia Play, dan Lazlive.

Hal ini berdasarkan hasil survei Populix yang dilakukan secara daring melalui aplikasi Populix terhadap total 506 responden laki-laki dan perempuan muslim berusia 17-45 tahun di Indonesia pada 12 hingga 23 Mei.

Head of research populix, Indah Tanip mengatakan, berdasarkan survei ini, 69% responden mengatakan Shopee Live merupakan fitur live streaming yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia, jauh melampaui para pesaingnya, yakni TikTok Live (25%), Tokopedia Play (4%) dan LazLive (2%).

Shopee Live juga menjadi fitur live streaming yang paling diingat oleh masyarakat Indonesia dengan hasil 60 persen responden, jauh melampaui TikTok Live (30%), LazLive (4%) dan Tokopedia Play (2%). 

"Berbagai konten atraktif, kreatif dan interaksi yang proaktif menjadi keunggulan dari tren Live Shopping melalui fitur streaming. Selain itu, promo menarik yang diberikan juga semakin meningkatkan daya beli masyarakat untuk berbelanja secara real-time," kata dia di Jakarta, Jumat (9/6).

Kategori produk yang paling banyak dibeli berdarsarkan survei ini adalah fashion dan aksesoris (85%), kecantikan, perawatan dan kesehatan (54%), gaya hidup (41%), kebutuhan rumah tangga (33%), produk sehari-hari/FMCG (32%), elektronik (25 persen), dan ibu dan anak/kebutuhan bayi (16%).

 

Shopee Live berdasarkan survei ini menjadi fitur live streaming yang paling sering dipakai untuk membeli barang-barang kategori fashion dan kecantikan. Untuk kategori Fashion, Shopee Live dipakai oleh 79% responden, jauh di atas pesaing terdekatnya TikTok Live (44%).

"Untuk kategori Kecantikan, Shopee Live dipakai oleh 71%, jauh di atas pesaing terdekatnya, TikTok Live (51%)," kata dia.

Dalam meneliti fitur streaming untuk aktivitas live shopping, riset ini menggunakan tiga elemen untuk mendalami faktor kelengkapan kategori. Selain koleksi kategori yang lengkap, pilihan produk yang bervariasi juga mengambil peran khususnya untuk memenuhi setiap preferensi konsumen yang berbeda-beda.

Shopee Live menduduki posisi terdepan dimana 74 persen responden memilih sebagai fitur live streaming yang menawarkan rangkaian produk yang paling lengkap dan paling variatif, jauh di atas para pesaingnya, yakni TikTok Live (20%), Tokopedia Play (10%) dan LazLive (9%).

"Menempati posisi terdepan bagi sebuah merk, tentunya bukan hanya keberhasilan dari satu faktor saja. Selain kampanye yang dihadirkan secara konsisten, inisiatif lainnya seperti kolaborasi dengan brand atau pelaku usaha yang sejalan dengan tema kampanye serta pemilihan public figure yang memang dapat mendukung topik tersebut, dapat menjadi pilar guna menciptakan strategi yang efektif dan efisien," tuturnya.

Faktor pertimbangan lainnya bergerak seputar penawaran menarik, dimana elemen ini memang terus menjadi daya tarik utama untuk berbelanja dengan cara apapun, baik offline, online hingga live shopping.

Promo-promo yang paling menarik menurut masyarakat adalah gratis ongkir (91%), diskon (87%), cashback (65%), voucher belanja (47%), special bundle (34 persen), dan exclusive product launch (20 persen).

Dari data hasil riset di atas, bisa disimpulkan bahwa Shopee Live menjadi fitur live streaming dengan harga paling murah, promosi dan gratis ongkir terbanyak, dan fitur live streaming yang menawarkan diskon hingga cashback paling besar.

"Hal ini sejalan dengan hasil data yang memaparkan bahwa Shopee Live menduduki posisi pertama pada indikator merk/fitur live streaming yang paling disukai, jauh melampaui para pesaingnya, dimana Shopee Live (66%), TikTok Live (28%), Tokopedia Play (3%) dan LazLive (3%).

Sebagaiman diketahui, meningkatnya penetrasi internet di Indonesia telah mendorong pesatnya pertumbuhan e-commerce. Berdasarkan laporan e-Conomy SEA 2020, pasar e-commerce Indonesia juga diproyeksikan mencapai $53 miliar pada tahun 2025, dengan CAGR sebesar 29% dari tahun 2020 hingga 2025.

KEYWORD :

Patform Live Streaming Shopee Live




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :