Jum'at, 19/04/2024 05:21 WIB

Soal Sistem Pemilu 2024, Legislator NasDem: Saatnya Presiden Ikut Cawe-cawe

Maka saya minta supaya enggak cuma MK (Mahkamah Konstitusi) yang kami minta, kami minta juga Presiden bisa mendukung apa yang menjadi harapan dari masyarakat.

Ketua Fraksi Partai NasDem di DPR RI Roberth Rouw. (Foto: Dok. Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Ketua Fraksi Partai NasDem di DPR RI Roberth Rouw meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) turun tangan dalam polemik gugatan sistem proporsional tertutup untuk Pemilu 2024.

Menurut dia, Jokowi harus mendukung keinginan rakyat agar pesta demokrasi lima tahunan digelar dengan sistem proporsional terbuka.

"Maka saya minta supaya enggak cuma MK (Mahkamah Konstitusi) yang kami minta, kami minta juga Presiden bisa mendukung apa yang menjadi harapan dari masyarakat," kata dia dalam konferensi pers di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (30/5).

Dalam kesempatan itu, Rouw juga menyoroti pernyataan Jokowi yang akan melakukan cawe-cawe demi kepentingan bangsa dan negara. Kata dia, saat ini merupakan waktu yang tepat bagi Jokowi untuk merealisasikan komitmen tersebut.

"Saya kira apa yang disampaikan teman-teman kami sangat setuju satu saja yang ingin kami sampaikan bahwa Presiden kami minta beliau sendiri sampaikan beliau harus ikut cawe-cawe untuk menjaga kelanjutan pembangunan dan stabilitas negara dalam rangka pemilu 2024," kata dia.

Rouw menekankan, pelaksanaan sistem proporsional terbuka merupakan harapan rakyat. Dia berkeyakinan masyarakat tengah menunggu sikap Jokowi terkait persoalan tersebut.

"Bersuratlah kepada MK agar MK tidak buat gaduh politik yang sudah kami jalani sudah lebih dari setahun proses pemilu ini kami lakukan," ucapnya.

Terakhir, dia mengingatkan jika proses pelaksanaan Pemilu 2024 sudah hampir rampung. Dia khawatir perubahan sistem itu justru bakal membuat gaduh perhelatan pesta rakyat tersebut, khususnya di tingkat calon legislatif yang sudah mendaftarkan diri.

"Jadi sekali lagi kami mohon agar sebagai pimpinan tertinggi kepala negara ikut juga untuk memberikan dukungan agar MK tidak bermain-main," demikian Roberth Rouw.

 

KEYWORD :

Warta DPR NasDem Roberth Rouw Mahkamah Konstitusi MK sistem pemilu




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :