Rabu, 24/04/2024 17:59 WIB

Siapkan 4 Hal Ini sebelum Belajar Alat Musik

Siapkan 4 Hal Ini sebelum Belajar Alat Musik

Alat musik tradisional (Foto: Mufid Majnun/Unsplash)

Jakarta, Jurnas.com - Banyak hal yang menjadi pelarian kaum muda hingga tua di sela padatnya aktivitas harian. Salah satunya ialah musik. Sayangnya, tak semua orang mampu bermusik atau memainkan alat musik.

Masih banyak yang meyakini bahwa musik merupakan bakat turunan. Sayangnya, pola pikir itu harus dibuang jauh-jauh, karena musik bisa dipelajari asalkan memiliki kemauan belajar.

Alumnus Jurusan Karawitan SMKN 57 Jakarta, Aji Widyadhana Pangestu membagikan empat tips bagi kalian yang ingin mempelajari alat musik, sebagaimana dikutip dari laman resmi Ditjen Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek).

1. Menyukai alat musik

Hal pertama yang wajib ditanamkan adalah rasa suka. Percaya atau tidak, mereka yang menyukai alat musik, akan mempertahankan semangatnya belajar alat musik.

"Paling tidak harus suka sama satu alat musiknya, karena percuma kalau belajar alat musik, tapi kita belum suka sama alat musik," kata Aji.

2. Siap belajar dari nol

Suka saja tidak cukup. Anda perlu mempersiapkan diri supaya tidak gengsi belajar dari nol. Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi mahir. Kurang lebih begitu.

"Keinginan untuk bermain musik perlu diteguhkan agar mampu menggerakan alam bawah sadar demi memberikan dorongan untuk lebih mampu dalam belajar musik nantinya," terang dia.

3. Jangan bosan berlatih

Menemukan kesulitan dalam bermain musik merupakan perkara yang umum. Kuncinya, teguhkan niat untuk tidak menyerah dalam melewati tantangan tersebut. Justru, jadikan kesulitan itu sebagai semangat kalian untuk berlatih.

"Yang namanya tantangan pasti ada dalam setiap hal termasuk bermain musik. Mungkin kita merasa puas karena bisa menaklukan step dasar, tetapi yang namanya maestro itu tidak pernah berhenti berlatih meskipun di tengah perjalanan pasti ada saja tantangan yang ditemui," ujar dia.

4. Tekun dan konsisten

Ini tips paling penting. Adakalanya, banyak peminat musik tumbang karena tidak konsisten berlatih. Dengan tekun dan konsisten, maka kalian bisa menjadi lebih terlatih.

"Yang namanya tantangan pasti ada dalam setiap hal termasuk bermain musik. Mungkin kita merasa puas karena bisa menaklukan step dasar, tetapi yang namanya maestro itu tidak pernah berhenti berlatih meskipun di tengah perjalanan pasti ada saja tantangan yang ditemui," tutup dia.

KEYWORD :

Alat Musik Ditjen Vokasi Kemdikbudristek Hobi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :