Jum'at, 19/04/2024 04:42 WIB

Bulog Diminta Percepat Penyaluran Bantuan Beras

Tahap Kedua di bulan Mei 2023 realisasi penyaluran baru mencapai 6 persen.

Kepala Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi bersama Dirut Bulog, Dirut ID Food, Ketua Umum Aprindo, dan Satgas Pangan Polri, saat melakukan pengecekan langsung ketersediaan beras Bulog di modern market Hypermart Puri Indah, Jakarta, Rabu, (7/2/2023).

JAKARTA, Jurnas.com – Badan Pangan Nasional (Bapanas) mendorong jajaran Perum Bulog untuk fokus dalam menjaga jumlah stok cadangan berasnya sekaligus melakukan akselerasi penyaluran Bantuan Pangan Beras Tahap Kedua kepada masyarakat.

Dorongan itu disampaikan Bidang Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan Bapanas, Andriko Noto Susanto saat mendampingi Kunjungan Kerja Reses Komisi IV DPR-RI MP IV Tahun 2022 - 2023 di Gudang Perum Bulog Wates Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jumat (12/5).

Andriko menjelaskan penyelenggaraan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) dalam rangka menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat pada momentum Idulfitri 2023, yang secara garis besar diindikasikan dengan terkendalinya inflasi di angka 4,33 persen, menurun dari sebulan sebelumnya sebesar 4,97 persen.

"Stok CBP di Gudang Bulog Wates cukup untuk memenuhi kebutuhan SPHP dan penyaluran bantuan beras, untuk itu harus dijaga performanya dan kami terus mendorong Bulog bersama berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah untuk mempercepat penyalurannya," ujar Andriko.

Adapun jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Pangan Beras di wilayah DIY sejumlah 379.441 KPM dengan realisasi bulan April 2023 sebesar 100 persen, sementara Tahap Kedua di bulan Mei 2023 realisasi penyaluran baru mencapai 6 persen.

Sedangkan dari hasil tinjauan di lapangan, stok Cadangan Beras Pemerintah (CBP) yang ada di Gudang Perum Bulog Kanwil DIY sebesar 10.214 ton, sehingga diperkirakan jumlahnya cukup untuk memenuhi berbagai kebutuhan yang ada.

Saat ini pemerintah juga sedang menyalurkan bantuan daging ayam ras dan telur ayam ras kepada 1,4 juta Keluarga Risiko Stunting (KRS), guna mencegah stunting dan mengatasi permasalahan gizi buruk yang masih ada sampai saat ini.

Bantuan yang dikelola oleh ID FOOD tersebut masing-masing terdiri dari daging ayam ras 1 ekor karkas dan telur ayam ras sebanyak 10 butir yang dibagikan selama tiga bulan ke depan.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Komisi IV DPR-RI Sudin berujar Bantuan Pangan Beras yang telah digagas oleh Presiden Jokowi pada momentum Lebaran tahun ini cukup berdampak positif untuk membantu pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat.

Sudin berharap Pemerintah juga dapat mendorong percepatan pengadaan beras termin pertama tahun 2023 serta upaya pemenuhan kebutuhan lainnya bagi masyarakat yang membutuhkan termasuk kebutuhan protein baik yang diperoleh dari daging ruminansia, unggas, telur ayam, maupun ikan.

"Tujuan kami hari ini ialah memastikan terwujudnya upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat dapat berjalan dengan baik, sekaligus mendorong upaya stabilisasi harga pangan yang dapat mendukung kesejahteraan para pelaku usaha pangan," ujarnya.

Sementara itu Direktur Keuangan Perum Bulog Bagya Mulyanto dalam sambutannya memaparkan upaya yang sedang dilakukan Perum Bulog dalam pelaksanaan pengadaan CBP baik dari dalam maupun luar negeri.

Menurut dia apabila stok beras Bulog sudah mencapai jumlah optimal maka penyaluran Bantuan Pangan Beras serta upaya Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) dapat akan digelontorkan secara masif bagi masyarakat.

"Dalam dua minggu ini stok beras akan masuk ke gudang dan secepatnya akan kami salurkan kepada masyarakat melalui kolaborasi bersama dengan pihak-pihak terkait," ungkapnya.

KEYWORD :

Badan Pangan Nasional Perum Bulog Penyaluran Bantuan Beras




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :