Sabtu, 20/04/2024 00:49 WIB

Ini Respons Sri Mulyani Terkait Jalan Rusak di Lampung

Ini Respons Sri Mulyani Terkait Jalan Rusak di Lampung

Kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Provinsi Lampung melewati jalan rusak parah. (Foto Istimewa)

Jakarta, Jurnas.com - Terkait jalan rusak di Lampung yang membuat heboh, saat kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke tersebut. Menteri Keuangan atau Menkeu Sri Mulyani ikut memberikan respons, dengan membeberkan alokasi dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) yang sudah dikucurkan.

Sebagaimana diketahui, dalam kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Provinsi Lampung, disampaikan bahwa Pemerintah akan membangun jalan-jalan yang rusak dan tugas pembangunan dibagi antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah Provinsi, Kabupaten/Kota.

Menkeu Sri Mulyani mengutarakan, tahukah kamu berapa jumlah uang negara dalam APBN dan APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah) serta instrumen Keuangan Negara yang dialokasikan untuk pembangunan jalan di Lampung dan Sumatera?

Dari APBN:
1) Belanja K/L (Kementerian atau Lembaga) PUPR untuk pembangunan dan pemeliharaan Jalan Nasional dengan alokasi sebesar Rp588,7 miliar untuk tahun 2023 dan sudah terealisasi Rp81,6 miliar hingga 2 Mei 2023. Realisasi tahun 2022 sendiri mencapai Rp508,1 miliar.

2) Transfer dana dari Pusat ke Pemda untuk pembangunan jalan (DAK Fisik) tahun 2023 Provinsi/Kabupatan/Kota seluruh Lampung mencapai Rp402,44 miliar untuk 231,9 km jalan. Alokasi DAK Fisik Bidang jalan Provinsi Lampung sebesar Rp52,45 miliar untuk 3 ruas jalan yaitu: Belimbingsari-Jabung (4,17 km) sebesar Rp16,98 miliar, Liwa-BTS Sumsel (4,8 km) sebesar Rp13,33 miliar, SP Sidomulyo-Belimbingsari (4 km) sebesar Rp20,13 miliar.

3) Pembangunan Jalan Tol Sumatera yang melintasi Prov Lampung Melalui PMN dan Jaminan Pemerintah kepada @hutamakarya di 2 Ruas sebagai berikut:
a. Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar (Panjang 140 km) - Dukungan Pemerintah dalam bentuk PMN Rp2,2 triliun dan Jaminan Pemerintah Rp22,09 triliun.
b. Ruas Terbanggi Besar- Pematang Panggang-Kayu Agung (Panjang 189 km).


Dukungan Pemerintah dalam bentuk PMN Rp4 triliun dan Jaminan Pemerintah Rp14,37 triliun. Pendanaan pembabasan Lahan oleh @blu.lman :
a. Bakauheni-Terbanggi Besar sebesar Rp3,75 triliun.
b. Terbanggi Besar-Pematang Panggang sebesar Rp1,86 triliun.

Dari APBD:
Program Penyelenggaraan Jalan APBD 2023 Provinsi/Kabupaten/Kota di seluruh Lampung mencapai Rp2,16 triliun– khusus Provinsi Lampung sendiri Rp886,8 miliar. (Program penyelanggaraan jalan ini terdiri dari belanja modal, belanja hibah, dan belanja barang/jasa).

"Pembangunan infrastruktur adalah agenda prioritas nasional tahun ini. Pajak yang dibayar rakyat dimanfaatkan untuk menciptakan pemerataan pembangunan di seluruh wilayah nusantara," tulis Sri Mulyani dalam akun instagram @smindrawati, Minggu (7/5/2023).

 

KEYWORD :

Menkeu Sri Mulyani jalan rusak Lampung APBN APBD




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :