Jum'at, 19/04/2024 17:05 WIB

Penasihat Utama Zelenskyy Salahkan AS atas Konflik Ukraina

AS dan negara-negara Barat lainnya mendorong Ukraina untuk menyerahkan senjata nuklir ketika bekas Uni Soviet runtuh, sebagai gantinya menawarkan perlindungan.

Mykhailo Podolyak, penasihat politik Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, menerima pertanyaan dari seorang anggota media setelah pertemuan dengan para perunding Rusia di Istanbul, Turki pada 29 Maret 2022. (Foto: Reuters/Kemal Aslan)

JAKARTA, Jurnas.com - Mykhailo Podolyak, Penasihat Kepala Kantor Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan, Amerika Serikat (AS) mengejar kebijakan nuklir yang "salah" yang menyebabkan perang di Eropa.

Podolyak mengatakan, AS dan negara-negara Barat lainnya mendorong Ukraina untuk menyerahkan senjata nuklir ketika bekas Uni Soviet runtuh, sebagai gantinya menawarkan perlindungan.

"Ini disalahartikan oleh Rusia, yang menyebabkan konflik," kata cuit Podolyak.

Saat Perang Dingin berakhir, Kyiv memiliki persediaan senjata nuklir yang tersisa dari keanggotaannya di Uni Soviet. Pada tahun 1994, Ukraina setuju untuk menyerahkan senjata nuklir ini, meskipun Kyiv tidak memiliki kendali penuh atas persediaan Soviet.

Washington, Moskow, dan Kyiv menandatangani Pernyataan Trilateral pada tahun 1994, dengan Memorandum Budapest pada tahun yang sama menjanjikan jaminan keamanan Ukraina sebagai imbalan penghapusan senjata nuklir dari negara tersebut.

Retorika nuklir telah memainkan peran penting dalam perang Ukraina yang sedang berlangsung, dengan Kremlin menyinggung kemungkinan penggunaan senjata nuklir karena negara-negara Barat memasok bantuan ke Kyiv.

Kemudian pada Selasa lalu, mantan Presiden Rusia, Dmitry Medvedev mengatakan kemungkinan pecahnya perang nuklir berkembang setiap hari. "Dibutuhkan keberanian besar untuk secara terbuka mengakui kesalahan masa lalu," kata Podolyak, Rabu (26/4).

"Resolusi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) tegas: AS, sayangnya, bersama dengan negara-negara Barat lainnya, mendorong Ukraina untuk melepaskan senjata nuklir dan lainnya untuk memastikan keamanan dan stabilitas di kawasan di bawah pengamanan. Ini adalah kebijakan yang salah yang disalahtafsirkan oleh agresor dan menyebabkan perang besar di Eropa," sambung dia.

Pernyataan Podolyak ini merujuk pada resolusi DPR bipartisan baru diperkenalkan untuk menegaskan kembali posisi AS bahwa Ukraina harus dipulihkan ke perbatasan tahun 1991 yang diakui secara internasional, menurut duta besar Ukraina untuk AS, Oksana Markarova.

Tahun ini menandai disintegrasi resmi Uni Soviet, dan pembentukan Ukraina merdeka yang mencakup wilayah Krimea yang sekarang dianeksasi, Donbas, dan wilayah selatan Kherson dan Zaporizhzhia.

Podolyak mengatakan, mengembalikan wilayah yang diduduki Rusia, menghormati hukum internasional, menuntut penjahat perang, dan mengakui Ukraina ke dalam NATO adalah satu-satunya cara untuk memastikan keamanan di Eropa saat ini.

"Posisi yang benar-benar jelas dan dukungan bipartisan yang efektif," kata dia.

Awal bulan ini, mantan Presiden  AS, Bill Clinton mengatakan dia merasakan "kepentingan pribadi" dalam perang Ukraina karena perannya dalam meyakinkan Kyiv untuk kehilangan senjata nuklir mereka.

"Saya merasa dipertaruhkan secara pribadi karena saya membuat mereka (Ukraina) setuju menyerahkan senjata nuklir mereka," kata Clinton kepada penyiar Irlandia RTÉ.

"Tak satu pun dari mereka percaya bahwa Rusia akan melakukan aksi ini jika Ukraina masih memiliki senjata mereka," tambahnya, mengatakan bahwa Ukraina "takut menyerahkannya."

Sumber: Newsweek

KEYWORD :

Mykhailo Podolyak Perang Rusia Ukraina Amerika Serikat Uni Eropa




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :