Rabu, 24/04/2024 17:20 WIB

Public Trust Anggap Kejaksaan Konsisten Teratas dalam Setahun Terakhir

Kepercayaan Publik terhadap Kejaksaan Agung tertinggi di antara lembaga penegak hukum.
 

Kejaksaan Agung tertinggi dalam Survei LSI

Jakarya, Jurnas.com - Kinerja Kejaksaan Agung (Kejagung) di bawah komando Jaksa Agung ST Burhanuddin terus mendapatkan kepercayaan masyarakat. Hasil jajak pendapat terbaru Lembaga Survei Indonesia, public trust terhadap Korps Adhyaksa masih tetap tertinggi di antara lembaga penegak hukum lain.

Menurut Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan, selain ada peningkatan kepercayaan publik, di antara institusi penegak hukum lainnya Kejagung juga konsisten bertengger di posisi teratas dalam setahun terakhir ini.

Jika pada temuan Februari lalu angkanya baru menyentuh 68 persen, memasuki April meningkat menjadi 69 persen.

“Ini menempatkan Kejaksaan Agung tetap tertinggi di antara lembaga penegak hukum lain dalam satu tahun terakhir,” tegas Djayadi saat memaparkan hasil survei bertajuk ‘Kepercayaan Publik Terhadap Lembaga Penegakan Hukum, Isu Piala Dunia U-20, Aliran Dana Tak Wajar di Kemenkeu, Dugaan Korupsi BTS, dan Peta Politik Terkini’ secara virtual, Minggu (9/4).

Dulu, Kejagung biasanya berada di paling bawah. Kini, konsisten selalu berada di atas Pengadilan, KPK dan Polri.

Survei LSI dilakukan dalam rentang 31 Maret hingga 4 April 2023, menempatkan 1.229 responden melalui sambungan telepon, dan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.

Menurut Djayadi, pada periode yang sama, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sekadar mendapatkan 64 persen, sementara Kepolisian 63 persen. “Temuan ini kembali menempatkan Kejaksaan dengan tingkat kepercayaan tertinggi di antara lembaga penegak hukum lain,” ungkap Djayadi.

Kendati demikian, Djayadi menjelaskan, terkait tren survei kepercayaan publik terhadap kinerja lembaga, secara umum cenderung stabil atau mengalami penurunan. Namun, hal berbeda berlaku bagi Kepolisian, pengadilan, dan Kejaksaan Agung.

“Secara umum kepercayaan terhadap lembaga penegak hukum mengalami peningkatan, kecuali KPK,” kata Djayadi.

Dalam temuan LSI, tingginya kepercayaan publik terhadap lembaga pimpinan ST Burhanuddin juga berkaitan dengan penegakan hukum. Dalam kategori ini, Korps Adhyaksa tetap berada di posisi tertinggi, dengan tingkat kepercayaan mencapai 72 persen.

KEYWORD :

Jaksa Agung ST Burhanuddin Survei LSI




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :