Selasa, 23/04/2024 19:49 WIB

Anggota DPR: Ramadan Merupakan Kesempatan Berbagi Dengan Sesama

Ramadan merupakan kesempatan untuk berbagi dengan sesama. Yu manfaatkan waktu satu bulan ini dengan perbanyak amal ibadah, seperti tadarusan.

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Anwar Hafid. (Foto: Dok. Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Bulan suci Ramadan merupakan momentum untuk mendekat kepada Allah SWT. Selain banyak keberkahan, manfaatkan lah bulan suci Ramadhan ini dengan kegiatan ibadah yang bermanfaat setelah berpuasa dan shalat tarawih.

Pesan itu disampaikan Ketua Masyarakat Cinta Masjid Indonesia (MCMI) Provinsi Sulteng Anwar Hafid dalam keterangan tertulisnya, Rabu (5/4).

Hal yang sama juga disampaikan Anggota DPR RI dari Fraksi Demokrat ini saat memberikan ceramahnya di Masjid Kota Palu, Sulawesi Tengah, baru-baru ini.

"Ramadan merupakan kesempatan untuk berbagi dengan sesama. Yu manfaatkan waktu satu bulan ini dengan perbanyak amal ibadah, seperti tadarusan," tegas Anwar di hadapan ribuan jamaah.

Selain itu, lanjut Anwar bahwa konsep memberi makan kepada orang lain merupakan cara yang disukai Allah. Terlebih di bulan suci ramadhan seperti ini. Cara tersebut juga untuk mengingatkan agar tidak lupa sesama umat.

"Jangan sampai diri sendiri berlimpah dengan makanan, sementara di tempat sekitar ternyata masih ada orang lain yang kelaparan," tuturnya.

"Bulan Ramadan benar-benar kesempatan terbaik untuk beramal dan kesempatan menuai pahala melimpah. Banyak amalan yang bisa dilakukan agar menuai ganjaran yang luar biasa,” imbuh Anwar Hafid.

Anwar menceritakan, ketika dirinya menjabat sebagai Bupati Kabupaten Morowali dua periode, saat ramadhan datang wilayahnya diisi dengan program andalan di bidang keagamaan, yakni Morowali Mengaji dan Morowali Berjemaah.

Anwar juga mengingatkan pentingnya meneladani Nabi Muhammad SAW yang selalu menyampaikan kepada umat Islam untuk selalu menebar keselamatan dengan cara mengucapkan salam, dan juga memberi makan kepada sesama.

“Seorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah SAW, Islam apakah yang paling baik? Beliau Rasulullah SAW menjawab, engkau memberi makan, dan mengucap salam kepada orang yang kamu kenal maupun orang yang tidak kamu kenal,” kata Anwar menceritakan riwayat Rasulullah.

Selain itu, Anwar juga menjelaskan keutamaan shalat malam, yang sangat banyak pahalanya apalagi di bulan Ramadan.

“Umat muslim tentu ingin menduduki posisi yang terpuji di mata Allah SWT. Salat tahajud bisa menjadi salah satu jalan bagi orang-orang yang ingin lebih dekat dengan Allah SWT, dan diangkat derajatnya ke tempat yang terpuji,” ujar Anwar.

Usai ceramah, Anwar Hafid mengikuti pelaksanaan salat tarawih dan witir berjemaah. Rangkaian kegiatan bulan Ramadan di Masjid Agung ditutup dengan berbincang dengan sejumlah jemaah.

 

 

KEYWORD :

Warta DPR Demokrat Anwar Hafid Ramadan MCMI Sulawesi Tengah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :