Selasa, 16/04/2024 20:33 WIB

Cak Imin: Gus Dur Presiden Pertama yang Kunjungi Pram

Gus Dur dan Pramoedya Ananta Toer adalah sahabat lama. Kita doakan Indonesia bisa melahirkan sastrawan sekaliber Pram.

A Muhaimin Iskandar

Jakarta - Selamat hari lahir Pramoedya Ananta Toer. Sastrawan Indonesia kelas dunia yang berpikiran cemerlang. Begitu A Muhaimin Iskandar atau sering disapa dengan Cak Imin menyambut hari kelahiran sastrawan legendaris tanah air, Pramoedya Ananta Toer (Pram) melalui twiter pribadinya @cakiminpkb pada Senin (06/02).

Cuitan-cuitan Cak Imin menggema, menilai Pram sebagai sosok sastrawan kelas dunia yang memiliki kecerdasan intelektual yang patut diperhitungkan. Berbagai penghargaan dari manca negara yang disematkan kepada Pram, bukti nyata bahwa ia telah menjadi salah satu aset sastra dunia.

"Karya-karya Pram mendunia sekaligus membawa nama harum Indonesia ke dalam setiap helai halaman karyanya dalam puluhan bahasa dunia," sanjung Cak Imin

Bahkan, tambah Cak Imin pada tweet berikutnya, "Pram juga sastrawan Indonesia pertama yang rumahnya didatangi presiden RI. Presiden Gus Dur mengunjungi rumah Pram pada Juli 2001 lalu."

Pada tweet terakhir 7:37 AM Cak Imin berharap Indonesia kembali melahirkan sosok intelektual yang dapat diperhitungkan di kancah internasional.

Senin (6/2) kemarin, adalah hari lahir Pram yang diperingati oleh banyak kalangan. Bahkan Google menabalkan peringatan hari lahir Pram pada halaman mesin pencarinya. Bukan saja Pram adalah sastrawan dunia. Namun, seperti kata Cak Imin, setiap helai halaman karyanya telah dialihbahasakan ke puluhan bahasa dunia.

"Gus Dur dan Pramoedya Ananta Toer adalah sahabat lama. Kita doakan Indonesia bisa melahirkan sastrawan sekaliber Pram di masa datang," tulis Cak Imin.[]

KEYWORD :

cak imin gus dur pramoedya ananta tour




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :