Jum'at, 19/04/2024 09:57 WIB

Finlandia Resmi Gabung NATO Hari Ini

Moskow akan menanggapi Finlandia menjadi anggota NATO dengan memperkuat pertahanannya.

Sekretris Jenderal NATO Jens Stoltenberg (Foto: UPI.com)

JAKARTA, Jurnas.com - Sekretaris Jenderal Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), Jens Stoltenberg mengatakan, Finlandia akan menjadi anggota ke-31 aliansi militer terbesar di dunia pada Selasa (4/4).

"Ini adalah minggu yang bersejarah," kata Stoltenberg kepada wartawan pada Senin menjelang pertemuan para menteri luar negeri NATO di Brussel. "Mulai besok, Finlandia akan menjadi anggota penuh aliansi."

Dia mengatakan dia berharap Swedia, yang mengajukan keanggotaan pada waktu yang sama dengan Finlandia, juga dapat bergabung dengan NATO dalam beberapa bulan mendatang.

Mantan perdana menteri Norwegia mengatakan bahwa pada Selasa sore bahwa "kami akan mengibarkan bendera Finlandia untuk pertama kalinya di sini di markas NATO. Ini akan menjadi hari yang baik untuk keamanan Finlandia, untuk keamanan Nordik, dan untuk NATO secara keseluruhan."

Stoltenberg mengatakan, Turki, negara NATO terakhir yang meratifikasi keanggotaan Finlandia, akan menyerahkan teks resminya kepada Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Antony Blinken pada Selasa. Kemudian, dia juga akan mengundang Finlandia untuk melakukan hal yang sama.

Presiden Finlandia, Sauli Niinistö dan Menteri Pertahanan Antti Kaikkonen akan menghadiri upacara tersebut bersama dengan Menteri Luar Negeri Pekka Haavisto.

"Ini adalah momen bersejarah bagi kami," kata Haavisto dalam sebuah pernyataan. "Bagi Finlandia, tujuan terpenting dalam pertemuan itu adalah untuk menekankan dukungan NATO kepada Ukraina seiring Rusia melanjutkan agresi ilegalnya. Kami berusaha untuk meningkatkan stabilitas dan keamanan di seluruh kawasan Euro-Atlantik."

Wakil Menteri Luar Negeri, Rusia Alexander Grushko mengatakan, Moskow akan menanggapi Finlandia menjadi anggota NATO dengan memperkuat pertahanannya.

"Kami akan memperkuat potensi militer kami di barat dan di barat laut," kata Grushko dalam sambutannya yang disiarkan oleh kantor berita RIA Novosti. "Dalam hal pengerahan pasukan anggota NATO lainnya di wilayah Finlandia, kami akan mengambil langkah tambahan untuk memastikan keamanan militer Rusia."

Pengumuman masuknya Finlandia datang tepat setelah pemilih Finlandia memberikan dorongan kepada partai-partai konservatif dalam pemilihan akhir pekan, mencabut Perdana Menteri sayap kiri Sanna Marin dari masa jabatan lain. Marin telah memperjuangkan aksesi NATO negaranya.

Tetangga Nordik Finlandia dan Swedia meninggalkan posisi tradisional non-blok militer mereka untuk mencari perlindungan di bawah payung keamanan NATO setelah Rusia menginvasi Ukraina lebih dari setahun yang lalu.

Semua 30 anggota yang ada menandatangani protokol aksesi Finlandia dan Swedia. Turki dan Hongaria kemudian menunda proses tersebut selama berbulan-bulan tetapi mengalah pada Finlandia.

Turki telah meminta jaminan dan kepastian dari kedua negara, terutama dalam menangani kelompok yang dianggapnya sebagai organisasi teroris. Tuntutan Hongaria tidak pernah eksplisit.

NATO harus setuju dengan suara bulat untuk anggota baru untuk bergabung. Pejabat NATO sangat ingin membawa Swedia ke dalam kelompok sebelum pertemuan puncak NATO di ibu kota Lituania, Vilnius, pada 11-12 Juli.

"Swedia tidak dibiarkan sendiri. Swedia sedekat mungkin sebagai anggota penuh," kata Stoltenberg.

Sumber: AP

KEYWORD :

Finlandia Gabung NATO Jens Stoltenberg Turki Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :