Kamis, 18/04/2024 09:14 WIB

Serangan Israel Tewaskan Empat Warga Palestina di Tepi Barat

Ini merupakan serangan mematikan terbaru di Jenin yang menurut Israel menargetkan

Pengemudi ambulans melewati kendaraan militer Israel di dekat barikade jalan yang terbakar di kota Tepi Barat yang diduduki di Jenin pada 26 Januari 2023 (Foto: Zein Jaafar/ AFP)

JAKARTA, Jurnas.com - Pasukan Israel membunuh empat warga Palestina termasuk seorang remaja di Tepi Barat yang diduduki. Ini merupakan serangan mematikan terbaru di Jenin yang menurut Israel menargetkan "tersangka bersenjata".

Lusinan pria bertopeng dan bersenjata berat menembak ke udara saat mereka berparade di jalan-jalan untuk pemakaman empat orang yang tewas, termasuk dua orang yang oleh kelompok Palestina dan tentara Israel diidentifikasi sebagai militan.

Tentara Israel awalnya mengatakan pasukan menetralkan dua tersangka militan di kota Tepi Barat utara. Tentara menuduh mereka melakukan kegiatan teroris.

Juru bicara militer Israel menambahkan bahwa "orang-orang bersenjata menembaki pasukan, pasukan membalas dengan tembakan langsung". Salah satu dari mereka yang tewas "dinetralkan setelah mencoba menyerang pasukan dengan linggis".

Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan 23 lainnya terluka dalam serangan itu, lima di antaranya serius. Ini mengidentifikasi mereka yang terbunuh sebagai Omar Awadin, 16, Luay al-Zughair, 37, Nidal Khazim, 28 dan Youssef Shreem, 29.

Jihad Islam mengklaim Khazim sebagai salah satu anggotanya, dan sayap bersenjata Hamas, Brigade Al-Qassam, mengatakan Shreem termasuk dalam kelompok mereka. Pernyataan Israel mengklaim mereka berdua adalah anggota Jihad Islam.

Dalam sebuah pernyataan, Jihad Islam mengatakan Israel "akan membayar harga untuk kejahatan ini".

Mahmoud al-Saadi dari Bulan Sabit Merah Palestina di Jenin mengatakan kepada AFP bahwa "sebuah unit rahasia Israel menyerbu jalan Abu Bakr di pusat kota".

Serangan itu terjadi beberapa hari sebelum pertemuan yang direncanakan antara pejabat Palestina dan Israel pada hari Minggu di resor Mesir Sharm el-Sheikh untuk pembicaraan yang bertujuan mengurangi ketegangan menjelang bulan puasa Ramadhan.

Gerakan Islamis Hamas, yang memerintah di Jalur Gaza yang diblokade Israel, menyebut serangan terakhir sebagai "kejahatan", memperingatkan bahwa serangan itu tidak akan "tidak dijawab".

Pasukan Israel telah melancarkan banyak serangan di kota Jenin dan kamp pengungsinya dalam beberapa bulan terakhir yang menargetkan militan Palestina.

Serangan ini telah menewaskan lebih dari 20 warga Palestina sejak awal tahun ini. Israel telah menduduki Tepi Barat sejak Perang Enam Hari tahun 1967.

Perserikatan Bangsa-Bangsa mengecam "contoh lain dari siklus kekerasan yang mengkhawatirkan", dengan juru bicara Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mendesak "komunitas internasional untuk melipatgandakan upayanya untuk mengakhiri siklus kekerasan ini."

Sinan Majali, juru bicara kementerian luar negeri Yordania, menyerukan "segera hentikan eskalasi" dan menekankan "kebutuhan untuk melindungi kota-kota Palestina dari serangan berulang dan terus menerus ini".

Sejak awal tahun, konflik Israel-Palestina telah merenggut nyawa 85 orang dewasa dan anak-anak Palestina, termasuk militan dan warga sipil.

Tiga belas orang dewasa dan anak-anak Israel, termasuk anggota pasukan keamanan dan warga sipil, dan satu warga sipil Ukraina telah tewas selama periode yang sama, menurut penghitungan AFP berdasarkan sumber resmi dari kedua belah pihak.

Pada hari Selasa, seorang pejabat senior Hamas memperingatkan Israel bahwa kelompoknya akan bereaksi terhadap kemungkinan "pelanggaran" di tempat-tempat suci Yerusalem selama Ramadhan, yang dimulai pada bulan Maret nanti.

Saleh al-Aruri, wakil kepala biro politik Hamas, mengatakan risiko eskalasi sepenuhnya "bergantung pada pelanggaran pendudukan Israel di seluruh Palestina dan di masjid Al-Aqsa" yang terletak di Yerusalem timur yang dianeksasi.

Al-Aqsa, kompleks masjid yang dikelola Yordania, adalah situs tersuci ketiga dalam Islam. Itu dibangun di atas apa yang oleh orang Yahudi disebut Temple Mount, situs tersuci Yudaisme.

Sumber: AFP

KEYWORD :

Konflik Israel Palestina Tepi Barat Jenin Warga Tewas




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :