Jum'at, 19/04/2024 05:21 WIB

Kemenkes Taliban Luncurkan Program Vaksinasi Polio Tahunan

Afghanistan dan tetangganya Pakistan adalah negara terakhir dengan polio endemik, penyakit yang tidak dapat disembuhkan dan sangat menular yang dapat menyebabkan kelumpuhan pada anak kecil.

Seorang anak menerima vaksinasi polio selama kampanye anti-polio di pinggiran Jalalabad, Afghanistan, pada 1 Desember 2015. (Foto: REUTERS/Parwiz)

JAKARTA, Jurnas.com - Kementerian Kesehatan Afghanistan telah meluncurkan kampanye inokulasi polio tahunan yang ditujukan untuk menjangkau 9 juta anak. Vaksinasi telah dilakukan dua tahun berturut-turut di bawah pemerintahan Taliban.

Afghanistan dan tetangganya Pakistan adalah negara terakhir dengan polio endemik, penyakit yang tidak dapat disembuhkan dan sangat menular yang dapat menyebabkan kelumpuhan pada anak kecil.

Polio telah benar-benar dihilangkan secara global melalui dorongan inokulasi selama beberapa dekade. Tetapi ketidakamanan, medan yang tidak dapat diakses, pengungsian massal, dan kecurigaan akan campur tangan pihak luar telah menghambat vaksinasi massal di Afghanistan dan beberapa wilayah di Pakistan.

Direktur Pusat Operasi Darurat Nasional (EOC) Afghanistan untuk Pemberantasan Polio, Nek Wali Shah Momin mengatakan lebih banyak daerah sekarang dapat dicapai sejak Taliban mengambil alih dan pertempuran berhenti.

EOC dipimpin oleh kementerian kesehatan dan termasuk badan-badan internasional termasuk Organisasi Kesehatan Dunia dan badan anak-anak PBB.

Sementara Taliban dalam beberapa bulan terakhir melarang banyak pekerja LSM perempuan dan menghentikan perempuan menghadiri universitas dan sebagian besar sekolah menengah, dokter mengatakan vaksinator perempuan sedang mengerjakan kampanye.

Dia mengatakan perempuan sangat penting untuk mengakses anak-anak yang sering berada di rumah dengan pengasuh perempuan mereka yang biasanya tidak nyaman berinteraksi dengan vaksinator laki-laki.

Di daerah-daerah di mana tim vaksinasi harus menempuh jarak yang lebih jauh, Momin mengatakan pihak berwenang mewajibkan staf perempuan untuk didampingi laki-laki.

Dia mengatakan mereka telah merekrut dan melatih anggota keluarga laki-laki dari pemberi vaksin perempuan untuk bergabung dalam upaya vaksinasi tim.

Beberapa faksi militan telah menargetkan upaya vaksinasi di masa lalu. Pada tahun 2022, delapan pekerja tewas dalam serangan di Afghanistan utara.

"Dukungan semua warga Afghanistan, termasuk orang tua, tokoh masyarakat, tetua etnis, dan pemimpin agama, sangat penting untuk memberantas polio dan kami ingin mereka mengambil bagian dalam perjuangan," kata penjabat menteri kesehatan Taliban Qalandar Ebad.

Beberapa ahli kesehatan mengatakan peran Taliban, yang tujuannya adalah untuk memaksakan interpretasi ketat mereka terhadap hukum Islam, dapat membantu mendorong penerimaan vaksinasi di daerah konservatif di sekitar wilayah tersebut.

"Peran pemimpin agama dalam upaya eliminasi polio di Pakistan dan Afghanistan sangat penting... partisipasi aktif Taliban dalam kampanye polio adalah perkembangan yang sangat positif dan besar," kata Rana Jawad Asghar, pakar epidemiologi dan CEO Pakistan. konsultasi berbasis Global Health Strategists and Implementers.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Afghanistan Polio Pemerintahan Taliban




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :