Sabtu, 20/04/2024 16:35 WIB

Lulus Uji Coba, Mitsubishi Fuso Bakal Luncurkan e-Canter

Lulus uji coba, Mitsubishi Fuso bakal luncurkan e-Canter

Test Drive varian baru Canter. (Foto: KTB)

Jakarta, Jurnas.com - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) sebagai distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) bakal segera luncurkan generasi terbaru truk listrik Fuso e-Canter untuk pasar Indonesia.

Peluncurkan ini dilakukan setelah e-Canter melakukan uji coba dengan hasil yang positif.

"Dalam elektrifikasi, Mitsubishi Fuso telah menjadi yang terdepan dalam studi pasar kendaraan niaga listrik di Indonesia, melalui uji coba Fuso e-Canter. Mitsubishi Fuso berencana untuk memperkenalkannya di Indonesia dalam waktu dekat," ungkap President Director KTB Nobukazu Tanaka dalam acara Media Gathering Mitsubishi Fuso, di Jakarta, Senin (6/3/2023).

General Manager of Product Strategy KTB Bayu Aprizal menjelaskan, e-Canter telah diproduksi sejak 2017 untuk pasar Jepang, Amerika Serikat dan Eropa.

KTB mendatangkan e-Canter untuk melakukan ujicoba jalan dengan kondisi aktual konsumen pada tahun 2022 ini.

"Sampai saat ini sudah ada lima konsumen yang mencoba e-Canter, dan e-Canter kami sejauh ini sudah menempuh jarak akumulatif sekitar 7.000 kilometer, dan terbukti dapat memenuhi aktual bisnis Indonesia tanpa kendala yang berarti," kata Bayi.

Bayu menambahkan, konsumen yang sudah mencoba e-Canter juga memberikan feedback yang positif, khususnya terkait performa dan kenyamanan berkendara.

"Dari hasil positif ini, KTB berencana memperkenalkan e-Canter next generation, yang mana produk ini akan sangat berbeda dengan yang ada saat ini, karena terdapat beberapa peningkatan teknologi yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan konsumen di Indonesia," terang Bayu.

Peningkatan tersebut antara lain kapasitas baterai dengan jangkauan tempuh yang lebih jauh, varian yang lebih banyak, serta berbagai teknologi berbaru yang disematkan di e-Canter.

Sebelumnya, Mitsubishi e-Canter mulai uji coba masyarakat pada Juli 2022. Digunakan untuk mendistribusikan bahan baku ke pabrik, dan mendukung pengiriman dengan rute di daerah Denpasar, Bali.

Truk pelahap seterum itu didukung 6 baterai lithium-ion dengan kapasitas 370 volt, atau 13,5 kilowatt per hour (kWh). Berdasarkan pengujian internal dengan daya angkut 75 persen, jarak tempuhnya bisa mencapai 100 kilometer.

Untuk pengisian baterai dengan arus bolak-balik, alias AC memerlukan waktu 9 jam, sedangkan DC atau arus searah hanya 1,5 jam. Sementara untuk motor penggeraknya dapat menghasilkan tenaga 135 kW, atau setara 184 PS dan torsi puncak 390 Nm.

Disalurkan melalui transmisi constan reduction, atau tidak menggunakan girboks seperti kendaraan konvensional.

Truk dengan maksimal daya angkut 2-4 ton itu, memiliki beberapa fitur pendukung keselamatan seperti pengereman ABS (anti-lock braking system), electronic stability control untuk mencegah truk tergelincir saat bermanuver, hingga lane departure warning.

KEYWORD :

Mitsubishi Fuso e-Canter KTB Fuso truk listrik Fuso




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :