Rabu, 17/04/2024 03:37 WIB

WhatsApp Setuju Lebih Transparan tentang Perubahan Kebijakan Privasinya

Disebutkan bahwa WhatsApp sudah setuju untuk menjelaskan perubahan pada kontrak pengguna Uni Eropa dan bagaimana ini dapat memengaruhi hak-hak mereka.

Aplikasi perpesanan WhatsApp terlihat di layar ponsel. (Foto: Reuters)

JAKARTA, Jurnas.com - Komisi Eropa mengatakan pada Senin (6/3) bahwa WhatsApp telah setuju untuk lebih transparan tentang perubahan kebijakan privasinya yang diperkenalkan pada tahun 2021. Itu menyusul keluhan dari badan konsumen di seluruh Eropa.

Organisasi Konsumen Eropa (BEUC) dan Jaringan Otoritas Konsumen Eropa mengatakan kepada WhatsApp tahun lalu bahwa mereka tidak mengklarifikasi perubahan dalam bahasa yang jelas dan dapat dimengerti, yang melanggar undang-undang blok tersebut.

Regulator nasional anggota Uni Eropa dapat memberikan sanksi kepada perusahaan atas pelanggaran.

Disebutkan bahwa WhatsApp sudah setuju untuk menjelaskan perubahan pada kontrak pengguna Uni Eropa dan bagaimana ini dapat memengaruhi hak-hak mereka.

Aplikasi pesan setuju menampilkan secara jelas kemungkinan bagi pengguna untuk menerima atau menolak perubahan dan memastikan bahwa pengguna dapat dengan mudah menutup notifikasi pop-up pada pembaruan.

Perusahaan juga menegaskan bahwa data pribadi pengguna tidak dibagikan dengan pihak ketiga atau perusahaan Meta lainnya, termasuk Facebook, untuk tujuan periklanan.

"Konsumen memiliki hak untuk memahami apa yang mereka setujui dan apa yang terkandung dalam pilihan itu secara konkret, sehingga mereka dapat memutuskan apakah mereka ingin terus menggunakan platform tersebut," kata Komisioner Kehakiman Didier Reynders.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

WhatsApp Aplikasi Pesan Uni Eropa




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :