Jum'at, 19/04/2024 19:31 WIB

HPSN Sulteng 2023, Kelola Sampah untuk Kesejahteraan Rakyat

Salah satu yang cukup menarik perhatian adanya penukaran sampah plastik dengan es krim

Salah rangkaian Hari Peduli Sampah Nasional Sulawesi Tengah (Istimewa)

Palu, Jurnas.com - Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023 Provinsi Sulawesi Tengah digelar di Taman Pujasera, Tinggede, Kabupaten Sigi.

Peringatan ini diinisiasi oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Sulawesi Tengah bersama DLH Kota Palu dan Kabupaten Sigi dengan melibatkan elemen pemerintah, lembaga pendidikan, unsur swasta, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), dan masyarakat umum.

Tema HPSN 2023 Sulawesi Tengah kali ini adalah “Tuntas Kelola Sampah untuk Kesejahteraan Masyarakat”. Gelaran ini yang bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat serta memberikan edukasi tentang pengelolaan sampah.

Rangkaian agenda HPSN 2023 Sulawesi Tengah antara lain jalan santai sekaligus aksi pungut sampah, orasi ilmiah terkait sampah dan lingkungan oleh Muh. Nur Sangadji, DEA dan pameran bertemakan lingkungan serta kuis interaktif bertema lingkungan dengan berbagai hadiah menarik.

Salah satu yang cukup menarik perhatian adanya penukaran sampah plastik dengan es krim. Ide ini diusung oleh salah satu stan pameran Bank Plastik binaan Yayasan YAKKUM Emergency Unit.

Ide ini bertujuan memberikan edukasi secara sederhana terkait pengelolaan sampah dengan cara memilah sampah plastik dan menginformasikan pada masyarakat bahwa sampah tidak selalu berakhir sebagai residu namun ada juga sampah yang bernilai ekonomi dan bisa diolah untuk memperoleh pendapatan tambahan bagi rumah tangga.

Oleh Yayasan YAKKUM Emergency Unit, Es krim dijadikan sebagai reward kepada pengunjung yang telah bersedia menukarkan sampah plastiknya.

Tidak hanya itu, stan-stan lain juga tak mau kalah memperkenalkan produknya, seperti stan milik salah satu sekolah yang termasuk sekolah Adiwiyata yaitu SMA Negeri 6 Sigi yang memamerkan produk andalan mereka terkait pembangkit listrik tenaga sampah.

Semua ini bertujuan agar masyarakat lebih terbuka memahami bahwa sampah tidak melulu menjadi hal yang kotor namun dapat juga membawa manfaat bagi kehidupan manusia ketika dikelola dengan teknologi yang tepat.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah berharap penyelesaian masalah sampah tidak dapat dilakukan hanya dari elemen pemerintah tetapi diharapkan kontribusi semua elemen, baik pemerintah maupun masyarakat untuk dapat bersatu dalam mewujudkan perilaku ramah lingkungan dan menerapkan pengelolaan sampah di Kota Palu, Kabupaten Sigi, bahkan kabupaten-kabupaten lainnya untuk kesejahteraan semua.

KEYWORD :

Sampah HPSN Sulawesi Tengah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :